Jelang Ramadan 2024, Harga Barito di Ternate Turun Drastis

MALUTTIMES – Sejumlah harga bahan pangan seperti bawang, rica, tomat (barito) di Kota Ternate, Maluku Utara turun drastis menjelang bulan puasa Ramadan 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Berdasarkan penelusuran maluttimes.com di Pasar Barito Bahari Berkesan Kota Ternate, Selasa (5/3/2024), komoditas pangan seperti tomat sebelumnnya dijual dengan harga Rp30.000/kg turun menjadi Rp7.000/kg. Sementara cabai rawit sebelumnya Rp160.000/kg turun menjadi Rp60.000/kg.

“Harga bahan pokok seperti cabai rawit, cabai kriting dan tomat alami penurunan harga, karena panen kali ini sangat melimpah,” ungkap Jubaida, salah satu pedagang Barito di Pasar Barito Bahari Berkesan, Kelurahan Gamalama, Kota Ternate, Selasa (5/3/2024).

Baca Juga:  Kondisi Terkini Kinerja APBN Maluku Utara Tetap Adaptif di Tengah Risiko Global

Sedangkan pangan lainnya seperti sayur-mayur hingga jeruk nipis harganya masih masih stabil.

“Penurunan harga ini membuat sejumlah konsumen sudah lebih awal membeli, karena dikhawatirkan bakal ada kenaikan harga,” ujar Jubaida.

Hal yang sama diungkapkan pedagang lain bernama Sam bahwa, untuk saat ini harga komoditas pangan Barito masih tergolong stabil dan stok melimpah. Karena saat ini bertepatan dengan panen raya membuat sejumlah harga pangan alami penurunan sejak Januari – Februari 2024.

Baca Juga:  Bupati Aliong Mus Buka MTQ ke-6 Kabupaten Pulau Taliabu

Alhamdulillah harga masih stabil. Yang kita khawatirkan jelang bulan suci Ramadan, karena sekarang belanja masyarakat meningkat,” ucapnya.

Sementara itu, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku Utara pada Februari 2024 terjadi deflasi m-to-m Provinsi Maluku Utara sebesar 0,42% dan Kota Ternate deflasi sebesar 0,40%.

Penyumbang utama deflasi Februari 2024 secara m-to-m Provinsi Maluku Utara adalah kelompok makanan, minuman dan tembakau dengan andil -0,48%.

Baca Juga:  Dermaga Speedboat Pulau Dodola Rusak dan Tak Berfungsi

Komoditas penyumbang utama deflasi antara lain cabai rawit, tomat, ikan malalugis/ikan sorihi, cabai merah dan bawang merah.

Sementara  Kota Ternate adalah kelompok makanan, minuman dan tembakau dengan andil -0,46%. Komoditas penyumbang utama deflasi antara lain cabai rawit, ikan malalugis/sorihi, tomat, cabai merah dan bawang merah.(tim/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.