Kisah Perjuangan Putri Rasulullah Jalani Cinta Beda Agama hingga Berbuah Manis

MALUTTIMES – Tidak cuma hari ini, ternyata cinta beda agama sudah ada sejak zaman nabi. Bahkan yang mengalaminya merupakan putri Rasulullah SAW yang bernama Zainab RA.

Siapa sosok yang dicintai oleh Zainab RA? Dalam Kelengkapan Tarikh Muhammad SAW karya Moenawar Chalil disebutkan, Zainab RA jatuh cinta kepada Abul Ash bin Rabi’ yang merupakan salah seorang pemuka Quraisy.

Dikutip dari buku Rumah Tangga Seindah Surga karya Ukasyah Habibu Ahmad, Zainab RA sangat mencintai Abul Ash, begitu juga sebaliknya. Sayangnya, perbedaan agama membuat mereka tidak bisa bersama. Sebab, Abul Ash kala itu belum memeluk Islam.

Baca Juga:  Pemerintah Tetapkan Lebaran Idul Fitri 10 April 2024

Abul Ash tetap tidak mau meninggalkan agama nenek moyangnya, bahkan setelah turunnya wahyu kenabian kepada Rasulullah SAW. Dia masih tetap menyembah berhala layaknya orang-orang kafir Quraisy.

Awal Pertemuan Zainab dengan Abul Ash

Mengutip buku Bilik-Bilik Cinta Muhammad karya Nizar, Zainab RA merupakan putri tertua dari pernikahan Rasulullah SAW dengan Khadijah binti Khuwailid RA. Zainab RA lahir saat Rasulullah SAW berusia 30 tahun atau sekitar 23 tahun sebelum beliau hijrah ke Madinah.

Baca Juga:  Pemerintah Tetapkan Lebaran Idul Fitri 10 April 2024

Zainab RA menghabiskan masa mudanya dengan membantu dan meringankan tugas ibunya dalam urusan rumah tangga serta mengasuh adik-adiknya. Dari kebiasaan inilah, ia belajar hidup dalam kesabaran dan keteguhan.

Sementara itu, Abul Ash bin Rabi’ bin Abdil Uzza bin Abdisy Syams bin Abdi Manaf bin Qushay al-Qurasyi merupakan pemuda terhormat dengan kekayaan melimpah. Ia merupakan putra Halah bin Khuwailid yang tak lain merupakan saudara Khadijah RA. Dengan kata lain, Abul Ash merupakan keponakan dari Khadijah RA.

Baca Juga:  Pemerintah Tetapkan Lebaran Idul Fitri 10 April 2024

Rasulullah SAW menikahkan Zainab RA dengan Abul Ash ibn Rabi’. Seperti halnya Zainab RA, Abul Ash juga mempunyai status sosial dan nasab terhormat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.