Hukum Gunting Kuku saat Puasa Ramadan, Boleh atau Tidak?

MALUTTIMES – Gunting kuku saat puasa menjadi salah satu pertanyaan yang dilontarkan kaum muslimin pada bulan suci. Pada dasarnya, menggunting atau memotong kuku termasuk ke dalam sunah fitrah.

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits,

“Termasuk sunah-sunah fitrah adalah mencukur bulu kemaluan, memotong kuku dan mencukur kumis.” (HR Bukhari)

Mengutip buku Fakta Ilmiah Amal Sunnah Rekomendasi Nabi susunan Haviva, memotong kuku dapat menghilangkan kotoran yang melekat di celah-celah kuku. Kotoran tersebut dapat menghalangi air ketika bersuci.

Baca Juga:  Pemerintah Tetapkan Lebaran Idul Fitri 10 April 2024

Lantas, bagaimana jika gunting kuku dilakukan ketika puasa?

Apakah berpengaruh terhadap keabsahan puasa seorang muslim?

Hukum Menggunting Kuku saat Puasa

Menurut buku Rahasia dan Keutamaan Puasa Sunah oleh Abdul Wahid, puasa diartikan sebagai menahan dan mencegah sesuatu termasuk untuk tidak makan dan tidak minum dengan sengaja. Secara syar’i puasa juga dimaknai sebagai menahan diri dari segala hal yang membatalkan sejak terbit fajar sampai terbenamnya matahari.

Baca Juga:  Safari Ramadan 2024, Alumni SMA 2007 di Kepulauan Sula Santuni Anak Yatim

Ali Musthafa Siregar melalui bukunya yang berjudul Fikih Puasa menjelaskan bahwa ada sejumlah hal yang dapat membatalkan ibadah tersebut. Para ulama berpendapat bahwa gunting kuku saat puasa tidak termasuk sebagai perkara yang membatalkan.

Sebab, menggunting kuku tidak seperti memasukkan sesuatu ke dalam lubang tubuh yang berpangkal pada organ dalam dengan sengaja. Islam sendiri menganjurkan umatnya untuk selalu menjaga kebersihan, salah satunya dengan menggunting kuku.

Baca Juga:  Tauhid Soleman Salurkan Zakat ke Baznas Kota Ternate

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW dari hadits yang diriwayatkan Anas bin Malik RA,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.