Pemerintah Tetapkan Lebaran Idul Fitri 10 April 2024

MALUTTIMES – Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah ditetapkan jatuh pada Rabu 10 April 2024. Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyebutkan bahwa 1 Syawal jatuh besok berdasarkan hasil sidang isbat yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) petang ini.

Sidang isbat ini digelar di Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat pada Selasa (9/4/2023). Sidang isbat yang langsung dipimpin oleh Menag Yaqut dihadiri sejumlah pihak termasuk dari MUI, Komisi VIII Anggota DPR RI, hingga ormas Islam.

“Laporan hilal dari sejumlah daerah, hilal sudah terlihat. Forum sidang tadi bermufakat bahwa laporan rukyat sesuai dengan Imkanul Rukyat Mabims yang telah disepakati. Berdasarkan hisab hilal wilayah Indonesia disepakati bahwa 1 Syawal 1445 Hijriah jatuh pada hari Rabu tanggal 10 April 2023,” ujar Yaqut dikutip dari detikNews, Kamis (20/4/2023).

Baca Juga:  Warga Muhammadiyah Kepulauan Sula Shalat IED 10 April 2024, ini Lokasinya

Diketahui, penentuan Hari Raya Idul Fitri 2023 menggunakan dua metode, yakni metode hisab dan rukyat. Metode tersebut digunakan pemerintah dan juga ormas Islam seperti Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU).

Dalam hal ini, Pemerintah RI melalui Kementerian Agama (Kemenag) menggunakan gabungan antara metode hisab dan rukyat dengan mengacu pada kriteria MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura) yang kemudian ditetapkan melalui sidang isbat.

Baca Juga:  Warga Muhammadiyah Kepulauan Sula Shalat IED 10 April 2024, ini Lokasinya

Sebelumnya, Kementerian Agama RI atau Kemenag menjabarkan posisi hilal dari seluruh wilayah Indonesia dalam menetapkan 1 Syawal 1445 Hijriah atau Idul Fitri 2024. Kemenag menyebut hilal 1 Syawal 1445 Hijriah sudah memenuhi kriteria.

Tim hisab dan rukyat Kemenag yang melaporkan pemantauan posisi hilal petang ini. Kesimpulannya, hilal dapat diamati.

“Ketinggian hilalnya 6,15 derajat. Sudah cukup tinggi,” kata anggota tim hisab Rukyat Kementerian Agama RI, Cecep Nurwendaya, di kantor Kementerian Agama, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (9/4/2024).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.