Pilkada 2024: Bawaslu Morotai Sosialisasi Pembentukan Panwascam

MALUTTIMES – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara menggelar sosialisasi pembentukan Panwascam kepada sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) untuk mengawasi Pilkada tahun 2024.

Kegiatan itu berlangsung di kantor Bawaslu, Desa Pandanga, Kecamatan Morotai Selatan, Kamis (25/04/2024). Dihadiri oleh, Ketua Cabang IMM Pulau Morotai, Ikfan Pina, Ketua Fatayat NU, Yuliana, perwakilan HMI, perwakilan KNPI, perwakilan LBH-PA, perwakilan PMII, perwakilan GMNI, perwakilan GMKI dan perwakilan Muhamadiyah Pulau Morotai.

Ketua Bawaslu Pulau Morotai, Ramla Molle mengatakan, pembentukan Panwascam berbeda dengan KPU.

Baca Juga:  Syamsudin Ode Maniwi Mendaftar Sebagai Bakal Calon Wakil Bupati di PKB Taliabu

“Perbedaannya KPU melakukan perkerutan baru secara menyeluruh, sedangkan Bawaslu lakukan evaluasi. Evaluasi ini dilakukan kepada Panwascam yang pernah pengawasi Pemilu kemarin,” kata Ramla.

Dijelaskan, proses pembentukan Panwascam terdiri dari dua kategori, yakni peserta existing dan peserta pendaftar baru. Ini berdasarkan Keputusan Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor 4224.1.1/HK.01.01/K1/04/2024 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panwaslu untuk Pemilihan Tahun 2024.

Baca Juga:  Lanjut Periode Kedua, JUJUR Mendaftar di Gerindra Halbar

“Peserta existing merupakan anggota Panwaslu Kecamatan yang saat ini sedang melaksanakan tugas pengawasan Pemilu 2024, akan mengikuti penilaian evaluasi kinerja.

“Penerimaan dan verifikasi berkas administrasi anggota Panwascam existing dilakukan pada tanggal 23-27 April 2024, dan akan diumumkan pada tanggal 1-2 Mei, apabila dalam evaluasi atau pembentukan panwascam exiting kebutuhan (kuotanya) Panwascam belum terpenuhi, maka akan dibuka rekrutment pada tanggal 3-8 Mei,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.