BKAD Halbar Bersama BPKP Malut Gelar Bimtek Aplikasi Siskeudes

MALUTTIMES – Badan Keuangan Dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Halmahera Barat bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Maluku Utara melaksnakan bimbingan teknis (bimtek) aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes), Tata Kelola Aset Desa dan Mekanisme Pelaporan Dana Desa di aula D’Hoek Jailolo, Senin (16/10/2023).

Plt Kepala BKAD Halbar, Sonya Mail mengatakan, sehubungan dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 192 tahun 2014, sebagaimana telah diubah dengan Perpres Nomor 20 tahun 2023 maka, BPKP telah diberikan mandat untuk mengawal akuntabilitas keuangan dan pembangunan nasional.

“Aplikasi Siskeudes dibuat dalam rangka mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang transparansi, akuntabel dan partisipatif,” katanya.

Baca Juga:  Balon Petahana Wakil Bupati Halbar Mendaftar di NasDem

Sonya menambahkan, Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat memandang perlu diterapkan aplikasi Siskeudes secara online untuk meningkatkan kualitas pelayanan akuntabilitas keuangan.

Asisten II Setda Halbar, Zubair T. Latif mewakili Bupati Halbar James Uang dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Plt Kepala BKAD, Sonya Mail atas terselenggaranya kegiatan bimtek tersebut.

“Sukses buat rekan-rekan BKAD dalam penyelenggaraan bimtek aplikasi Siskeudes online ini. Atas nama pemerintah Kabupaten Halmahera Barat menghimbau buat seluruh kepala desa agar dapat mengikuti kegiatan bimtek secara serius. Mengingat kegiatan ini sangat penting untuk peningkatan pengelolaan keuangan dan pelaporan desa,” harapnya.(rul/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.