BI Malut Gelar Layanan Kas Keliling dengan Perbankan dan Pasar Murah

MALUTTIMES – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Maluku Utara menggelar semarak rupiah Ramdan dan Berkah Idul Fitri 1444 Hijriah, layanan kas keliling dengan perbankan dan pasar murah berlangsung di Terminal Gamalama Kota Ternate, Senin (17/4/2023).

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Maluku Utara, R. Eko Adi Irianto mengatakan, Undang-undang No. 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia sebagaimana telah diubah terakhir dengan UU No. 6 tahun 2009, Bank Indonesia mempunyai kewenangan  untuk mengeluarkan dan mengedarkan uang rupiah sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah Indonesia. Tugas Bank Indonesia dalam pengelolaan uang Rupiah secara jelas ditegaskan dalam Undang Undang No.7 tahun 2011 tentang mata uang.

“Sejalan dengan kewenangan dan tanggung jawab tersebut, tentu Bank Indonesia tidak dapat berjalan sendiri. Dalam mengelola Rupiah khususnya dalam hal pengedaran uang memerlukan sinergi dan kolaborasi yang apik dengan kawan-kawan perbankan sebagai garda terdepan dalam memberikan pelayanan uang kepada masyarakat,” katanya.

Baca Juga:  Polres Morotai Terjunkan 230 Personel Pengamanan Pemilu

Ia menambahkan dalam rangkaian kegiatan SERAMI “Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri” tahun 2023 dengan tema utama “Belanja Bijak”, KPwBI Provinsi Maluku Utara kembali menggelar kegiatan Layanan Penukaran Bersama Perbankan yang nama programnya kami angkat dari salah satu nama penganan/makanan lokal khas Maluku Utara yakni LALAMPA (Layanan Kas Keliling dengan Perbankan).

“Adapun kegiatan layanan penukaran bersama selama 2 hari ini akan diikuti oleh 7 (tujuh) Bank yang beroperasi di Maluku Utara yaitu, BRI, BNI, BTN, Bank Danamon, Bank Sinarmas, Maybank, dan Panin Bank. Layanan penukaran ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan uang masyarakat khususnya uang pecahan kecil yang dipergunakan untuk kegiatan transaksi pembayaran, pembayaran zakat dan doi tambaru saat lebaran nanti,” papar Eko.

Baca Juga:  Bawaslu Morotai Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

Lebih jauh, dikatakan kegiatan utama SERAMBI 2023 adalah Pemenuhan Kebutuhan Uang Kartal, Layanan Kas dan Edukasi-komunikasi Cinta Bangga Paham Rupiah. Dalam sinergi Bank Indonesia bersama perbankan selama Ramadhan khususnya dalam pemenuhan kebutuhan uang kartal dan layanan kas kepada masyarakat telah dilaksanakan dengan baik dan lancar.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada kawan-kawan perbankan atas effort dan kerjasamanya selama ini sehingga pemenuhan kebutuhan uang kartal di masyarakat dapat dijalankan dengan optimal di tengah tantangan yang tidak mudah. Terlebih Provinsi Maluku Utara ini sebagian besar merupakan kepulauan yang tersebar dan dipisahkan oleh lautan sehingga menjadi tantangan tersendiri dalam upaya pemenuhannya kepada masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga:  Harapan Ketua BEM STAI Babussalam Sula kepada Calon Wisudawan

Selain layanan penukaran uang, pada kegiatan ini juga dibuka layanan Pasar Murah yang merupakan hasil kolaborasi dengan Dinas Pangan Kota Ternate, BULOG dan Asosiasi Pedagang BARITO Kota Ternate yang menawarkan berbagai komoditas seperti Beras, Minyak, Gula dan BARITO.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.