Pemda Halbar Siapkan DAK 17 Miliar Perbaikan Jalan Rusak

MALUTTIMES – Pemerintah Daerah (Pemda) Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara menyiapkan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp.17 Miliar untuk perbaikan jalan rusak di kawasan pusat pemerintahan.

Hal ini disampaikan Bupati Halbar James Uang kepada wartawan diruang kerjanya, selasa (25/1/2023).

Pernyataan Bupati Halbar ini menyusul adanya keluhan warga hingga adanya swadaya masyarakat yang memperbaiki jalan rusak, selain itu adanya sorotan akademisi terkait Infrastruktur jalan yang rusak di kawasan pusat pemerintahan.

Baca Juga:  Dapat Dukungan Maju Bupati Dua Periode Dari Haji Robert, Begini Pernyataan James Uang

“Jadi di tahun 2023 ini kita fokus perbaikan jalan rusak di pusat pemerintahan melalui DAK sebesar 17 miliar,” kata James.

Menurut James, Dirinya telah menginstruksikan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) untuk meninjau infrastruktur jalan rusak di sejumlah titik yang dikeluhkan warga.

“Saya sudah instruksikan Kabid Bina Marga PU-PR untuk mengukur panjang jalan yang rusak dan tingkat kerusakannya seperti apa agar segera dilakukan perbaikan sekaligus untuk memastikan kebutuhan anggarannya,” ujar James.

Baca Juga:  Akademisi Angkat Bicara Soal Empat Desa Di Jailolo Rawan Narkoba

Saat ini menurut James, dirinya menunggu laporan hasil peninjauan Dinas PU-PR untuk memastikan kategori Infrastruktur jalan tersebut dikerjakan secara keseluruhan atau hanya menutup lubang yang dikategorikan rusak berat.

“Saya menunggu laporan Dinas PU-PR, diperbaiki secara keseluruhan atau hanya sebatas menutup yang berlubang saja, yang pasti tetap akan diperbaiki,” cetusnya.

Orang nomor satu dilingkup Pemda Halbar ini menambahkan, pemerintah daerah tentunya memprioritaskan jalan dengan kerusakan parah dan beresiko yang menimbulkan kecelakaan lalulintas seperti di desa Bobanehena dan beberapa titik yang akhir-akhir ini dikeluhkan warga.

Baca Juga:  Warga Di Halbar Gelar Aksi Tolak Kehadiran PT. Geo Dipa

“Yang pasti untuk jalan di desa Bobanehena yang menghubungkan 5 desa itu di tahun ini akan segera diatasi melalui anggaran DAK,” ungkap James mengakhiri.(all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.