Sandiaga Uno Dijadwalkan Berkunjung ke Wisata Lapasi Halbar

JAILOLO – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dijadwalkan akan berkunjung ke lokasi wisata Lapasi yang berada di Desa Lako Akelamo, Kecamatan Sahu, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Provinsi Maluku Utara pada Rabu (15/6/2022) pekan depan.

“Jadi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ke Halbar ini dengan agenda visitasi wisata yang masuk dalam nominasi 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2022,” kata Fenny Kiat, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Halbar kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (8/6/2022).

Kunjungan Menparekraf ke bumi Halbar bakal dijemput menggunakan perahu kora-kora di seputaran pulau babua dan akan dirangkaikan dengan agenda sigofi ngolo (membersihkan laut).

Baca Juga:  BMKG: Potensi Gelombang Pasang Terjadi di Wilayah Pesisir Morotai Utara, Maba Utara dan Pulau Gebe

“Nanti pada kunjungan menteri itu, bertepatan dengan agenda sigofi ngolo yang merupakan rangkaian kegiatan pembukaan Festival Teluk Jailolo. Pak menteri akan dijemput menggunakan perahu kora-kora di seputaran pulau babua,” ungkap Fenny.

Selain agenda visitasi (berkunjung) ke wisata Lapasi, Sandiaga Uno juga diagendakan untuk membuka Festival Teluk Jailolo pada 15 Juni 2022 malam.

Baca Juga:  BNN Malut Ungkap Empat Desa Di Kecamatan Jailolo Rawan Narkoba

“Karena bertepatan dengan pak menteri ada di Halbar, kami juga meminta untuk membuka FTJ nanti,” ujarnya.

Fenny menambahkan, penamaan nama Wisata Lapasi yang masuk nominasi 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia berdasarkan acuan hasil sebaran Google Map yang ditelusuri oleh Kemenparekraf.

“Untuk penamaan, kami di pemda halbar telah menawarkan dua opsi, yang pertama menggunakan nama desa dan yang kedua lapasi, dan pihak kementerian telah menetapkan dengan nama Wisata Lapasi karena di Google Map telah tersebar wisata Lapasi sehingga dengan acuan itulah, pihak Kemenparekraf menetapkan masuk pada nominasi 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2022,” pungkasnya.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.