Bawaslu Morotai Temukan Kendala Pencoklitan Data Pemilih Tingkat Desa

MALUTTIMES – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara terus mengawasi tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih tingkat desa di enam kecamatan.

Alhasil, Bawaslu menemukan beberapa kendala yang sedang dihadapi oleh petugas Pantarlih yang dibantuk KPU. Salah satunya tentang akses jaringan internet saat mengunggah daftar pemilih Pilkada 2024.

“Tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih, yang mana dilakukan pencocokan dan penelitian oleh Pantarlih yang dibentuk KPU. Itu jadwalnya dari tanggal 24 Juni sampai 24 Juli 2024, ditemukan dilapangan bahwa Pantarlih saat ini kendalanya di jaringan untuk mengunggah daftar pemilih,” ungkap Mulkan Hi Sudin, Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Pulau Morotai, Rabu (3/7/2024).

Kata Mulkan, terdapat dua metode untuk pendataan yakni e-coklit dan manual. Saat ini Bawaslu Morotai melakukan uji petik untuk memastikan daftar pemilih yang belum dicoklit menjadi catatan temuan dan akan disampaikan jajaran KPU secara berjenjang.

“Jika ada data yang ditemukan tidak sesuai maka akan disampaikan ke jenjang tingkat kabupaten,”tandasnya.(iki/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *