Sambutan Pj Bupati Morotai dalam Kegiatan Forum Lintas OPD Tahun 2024

MALUTTIMES – Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai menggelar kegiatan Forum Lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Aula kantor Bupati Pulau Morotai, Maluku Utara, Senin (1/4/2023). Kegiatan itu mengusung tema, Meningkatkan Daya Saing Sumber Daya Manusia Serta Daya Dukung dan Kualitas Sumber Daya Ekonomi.

Pj Bupati Pulau Morotai, Muhammad Umar Ali dalam sambutannya menyampaikan, forum perangkat daerah ini adalah sinkronisasi program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah, juga untuk mengarahkan pengalokasian pembangunan, anggaran sesuai prioritas.

Sumber daya manusia menjadi kata kunci utama dalam tema pembangunan pulau morotai tahun 2025. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya pembangunan sumber daya manusia yang merata dan berdaya saing dalam situasi kekinian.

Baca Juga:  Waterfront City Zona lll Morotai Segera Dibangun, PUPR: Tidak Menggangu Kawasan Mangrove

Selain itu juga, menciptakan kondusifitas daerah juga sangat penting karena mengingat di tahun 2024 merupakan tahun politik, dimana Pilkada serentak akan dilaksanakan.

“Situasi politik yang cenderung meningkat perlu diantisipasi dengan tetap menjaga dan meningkatkan stabilitas ekonomi, sosial, dan politik agar keberlangsungan pembangunan tetap terjaga dengan baik,” ucapnya.

Menurutnya, isu politik nasional begitu juga isu ketahanan pangan dan energi juga menjadi isu strategis yang berkembang di tingkat nasional bahkan global.

Baca Juga:  Bupati Aliong Mus Buka MTQ ke-6 Kabupaten Pulau Taliabu

“Kita perlu menjaga agar ketahanan pangan dan energi agar tidak mudah terguncang oleh gejolak kenaikan harga pangan dan energi global, secara regional di Maluku Utara terdapat beberapa tantangan dalam pemenuhan pangan penduduk yaitu, ketidakpastian situasi global, perubahan iklim, cuaca ekstrim, kekeringan, banjir dan sebagaianya,” ujar Bupati.

Bupati menambahkan, untuk menjawab tantangan isu ekonomi dalam rencana pembangunan daerah pulau morotai tahun 2023-2026, telah dirumuskan strategi peningkatan ketahanan ekonomi dengan arah kebijakan menjaga stabilitas kebutuhan pokok dan meningkatkan diversifikasi pangan masyarakat.

Baca Juga:  Bupati Kepulauan Sula Buka Bimtek Penerapan E-Kinerja ASN

“Saya mengharapkan dalam forum perangkat daerah ini, lebih mengarahkan pada program-program strategis yang berdampak langsung pada masyarakat serta program-program yang memiliki daya ungkit terhadap kesejahteraan masyarakat, perlu tetap dilanjutkan pelaksanaannya dan saya harapkan juga dalam kegiatan pada hari ini kita harus tetap berfokus pada pencapaian tema dan sasaran rencana pembangunan daerah,” harapnya.(iki/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.