Bupati Pulau Taliabu Hadiri Kegiatan SPBE Summit di Jakarta

MALUTTIMES – Bupati Pulau Taliabu, Aliong Mus menghadiri kegiatan forum Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit di Hotel Kempinski Grand Ballroom Jakarta, Senin (20/3/2023).

Kegiatan itu diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) bersama Tim Koordinasi Nasional dalam rangka mewujudkan kedaulatan digital di Indonesia.

Rilis yang diterima melalui Kadis Kominfo Kabupaten Pulau Taliabu, Husain Adam menyampaikan bahwa, kegiatan itu dihadiri 5 Menteri untuk menyampaikan arahan strategis dalam upaya percepatan SPBE dan prioritas program Presiden.

Baca Juga:  DP2KP Morotai Berencana Kembali Gelar Pasar Murah, ini Jadwalnya

Diantaranya adalah Menpan-RB, Abdullah Azwar Anas yang menyampaikan arah strategis SPBE Nasional, Menko Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Pandjaitan.

“Dalam penyampaian para Menteri itu bahwa akselerasi digital tidak akan sukses tanpa adanya kolaborasi secara komprehensif antar-instansi. Sehingga kegiatan ini melibatkan seluruh pimpinan pusat dan kepala daerah agar memahami arah kebijakan SPBE sekaligus mendapat insight dari instansi pemerintah yang berhasil melaksanakan SPBE,” kata Husain Adam kepada reporter maluttimes.com di Taliabu, Senin (20/3/2023).

Baca Juga:  Warga Muhammadiyah Kepulauan Sula Shalat IED 10 April 2024, ini Lokasinya

“Masing-masing Menko menyampaikan arahan strategis sesuai bidangnya yakni Polhukam, PMK, Perekonomian, dan Marves. Sementara untuk praktik baik SPBE akan disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur dan Bupati Banyuwangi,” sambungnya.

Kemudian pada puncak acara tersebut dilakukan pemberian anugerah Digital Government Award kepada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah (IPPD) dengan enam kategori penerapan SPBE terbaik.

Baca Juga:  Pekerja di Morotai Tewas Jatuh dari Tower Setinggi 30 Meter

“Adapun kategori tersebut yakni, kategori Penerapan Layanan SPBE IPPD,  kategori Pencapaian Indeks SPBE IPPD, kategori Peningkatan Indeks SPBE IPPD, kategori Pelaksanaan Tata Kelola SPBE IPPD, kategori Penguatan Kebijakan SPBE IPPD, dan kategori Penerapan Manajemen SPBE IPPD,” ungkap Husen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.