Siap-Siap, Telkomsel Segera Nonaktifkan Jaringan 3G di Halbar

JAILOLO – PT Telkomsel berkomitmen untuk meningkatkan jaringan 3G ke 4G/LTE secara bertahap di seluruh wilayah di Indonesia tahun ini. Langkah tersebut sebagai upaya mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate beberapa waktu lalu.

Di Provinsi Maluku Utara, khususnya wilayah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) telah ditetapkan waktu penonaktifan jaringan 3G yang dimulai pada 20 Juli 2022. Para pelanggan diimbau untuk segera bermigrasi ke layanan kartu 4G/LTE.

“Per 20 Juli 2022 pekan depan kartu 3G tidak bisa mengakses layanan telekomunikasi baik telpon, SMS maupun internetan termasuk layanan mobile banking,” kata Supervisor Customer Sales Operation Telkomsel Maluku Utara, Ahmad Yusran dalam sosialisasi yang digelar bersama Diskominfo dan Persandian Kabupaten Halbar di ruang rapat Wakil Bupati Halbar, Kamis (14/7/2022).

Baca Juga:  Sungai Meluap, Belasan Rumah Warga Sangowo Barat Terendam Banjir

Dia menyampaikan, layanan upgrade kartu dari 3G ke 4G/LTE dapat dilakukan di seluruh kantor Telkomsel atau GraPARI milik Telkomsel tanpa biaya alias gratis.

“Untuk di Jailolo sendiri GraPARI Telkomsel ada di Desa Tedeng.” Ucapnya.

Yusran menjelaskan, proses migrasi kartu ini tidak menghilangkan nomor yang dimiliki pelanggan. Bahkan pulsa dan kuota internet/telepon juga tidak terganggu alias tetap ada sepanjang belum melewati limit waktu. 

Baca Juga:  Pemda Halbar Siapkan DAK 17 Miliar Perbaikan Jalan Rusak

Karena, sesuai data PT Telkomsel, pelanggan yang masih menggunakan layanan 3G di wilayah Halbar mencapai 5.600 orang.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Halbar, Sahmi Salim menambahkan, kegiatan sosialisasi ini merupakan langkah antisipatif Dinas Kominfo dalam menghadapi kebijakan penonaktifan kartu 3G Telkomsel. 

“Kami mengundang seluruh camat, sehingga informasi ini bisa ditindaklanjuti camat ke desa sampai ke masyarakat, sehingga ada kesiapan dari pengguna layanan Telkomsel yang masih menggunakan kartu 3G,” pungkasnya.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.