Baznas Halbar Salurkan Bantuan Sembako dan Beasiswa

JAILOLO – Badan amil zakat nasional (Baznas) Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara menyalurkan bantuan zakat mal, infak dan sedekah kepada 109 mustahiq di Masjid Mujahidin, Desa Gamsungi, Kecamatan Ibu, Kamis (7/7/2022).

Dari 109 penerima, 100 mustahiq (penerima zakat) menerima bantuan dalam bentuk sembako, sedangkan 9 mustahiq lainnya menerima bantuan dalam bentuk beasiswa.

Beasiswa tersebut diserahkan kepada tiga siswa perwakilan tingkat SD, SMP dan SMA.

Penyerahan bantuan ini secara simbolis diserahkan oleh Sekretaris Daerah Halmahera Barat, Syahril Abdul Rajak didampingi Ketua Baznas Halmahera Barat Ismail Arifin, Kepala Kementerian Agama Halmahera Barat Hasbullah Tahir serta pengurus Baznas Halmahera Barat lainnya.

Baca Juga:  LP2D Maluku Utara Gelar Bimtek Dana Bagi Hasil

Syahril Abdul Rajak menyambut baik terobosan sejumlah program yang digagas oleh Baznas Halmahera Barat terutama dibidang pendidikan dan kesehatan. 

“Artinya ini secara tidak langsung Baznas sudah membantu mendukung dan menjalankan program bupati yaitu, Halbar Cerdas dan Halbar Sehat,” ujar Syahril.

Dia mengatakan, zakat adalah salah satu ibadah fardhu ain yang dalam ajaran Agama Islam memiliki dimensi sosial dan membentuk hubungan horizontal sesama umat manusia atau hablum minannas yang sangat tinggi.

Baca Juga:  Pemprov Malut Resmi Putus Kontrak dengan PT SMI

“Kita tentunya berharap agar pendistribusian zakat kepada para mustahiq benar-benar tepat sasaran, sesuai dengan tuntutan agama,” katanya.

Syahril mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung program Baznas Halmahera Barat agar dapat berjalan maksimal.

“Saya tentunya juga sangat berterima kepada Baznas karena sudah mengurangi beban pemerintah daerah,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Halmahera Barat, Ismail Arifin menyatakan tidak perlu ragu menyalurkan zakat di Baznas. Sebab Baznas merupakan lembaga yang dibentuk pemerintah pusat, bertujuan untuk mengoptimalisasikan dalam pengumpulan zakat.

Baca Juga:  Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara Gelar "Torang Pe APBN"

“Baznas akan mengupayakan untuk menjadi lembaga zakat yang sudah diberikan amanat, dan amanah akan terus kami jaga,” katanya.

Baznas Halmahera Barat terus berupaya agar penyaluran zakat tidak hanya dari kalangan ASN saja, tetapi juga melibatkan sejumlah pejabat daerah, instansi vertikal, golongan professional, pengusaha, dokter dan perbankan.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada pak Sekda yang sudah turut mendukung program Baznas. Kami berharap lembaga Baznas bisa menjadi satu lembaga yang benar-benar semua untuk menjawab dan mensejahterakan umat kita,” pungkasnya.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.