Lepas 491 JCH ke Mekkah, ini Pesan Wakil Gubernur Malut

SOFIFI – Wakil Gubernur Maluku Utara (Malut), M. Al Yasin Ali secara resmi melepas 491 jamaah calon haji (JCH) 10 kabupaten/kota ke Embarkasi Makassar. Acara pelepasan berlangsung di Aula Asrama Haji transit Kota Ternate, Jumat (24/6/2022).

Pelepasan ditandai dengan penyerahan bendera lambang Provinsi Malut secara simbolis oleh Wakil Gubernur Malut, M. Al Yasin Ali kepada dan diterima Amirul Haji H. Syarif Ibrahim.

JCH yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) pertama atau Kloter 11 Provinsi Malut diberangkatkan dari Bandar Udara Sultan Babullah Ternate menuju Bandar Udara Hasanuddin Makassar menggunakan maskapai Sriwijaya Air pada Sabtu (25/6/2022) pukul 07.15 WIT. Sementara Kloter 12 pada Minggu (26/6/2022).

Baca Juga:  Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara Gelar "Torang Pe APBN"

Al Yasin Ali berpesan kepada seluruh JCH agar fokus melaksanakan rukun haji selama berada di Mekkah.

Selain itu diharapkan juga mampu bertindak sebagai duta bangsa dan duta daerah yang berbaur dengan berbagai suku bangsa, umat Islam dari seluruh penjuru dunia.

“Pelihara dan jagalah martabat dan kebersamaan, serta menghormati tradisi yang dimiliki bangsa lain. Selain itu tetap perhatikan protokol kesehatan agar sesuai harapan kita bersama bahwa, semua jamaah haji yang berangkat bisa melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan lancar dan sehat walafiat sampai kembali ke tanah air,” ujarnya.

Dia menjelaskan, selama dua tahun Indonesia tidak melaksanakan ibadah haji karena pandemi covid 19. Sungguh ini merupakan sebuah ujian khususnya para JCH Malut.

Baca Juga:  Tiba di Bobong, Kapolres Pertama Pulau Taliabu Disambut dengan Tradisi Injak Tanah

“Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam, diwajibkan bagi yang mampu melaksanakannya. Mampu dari segi ekonomi dan kesehatan, baik kesehatan fisik maupun mental. Sehingga nanti ketika diberangkatkan ke Tanah Suci bisa melaksanakan ibadah haji dengan baik dan jadi haji mabrur,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Biro Kesra Provinsi Malut, Rahma Hasan menambahkan, Gubernur Abdul Gani Kasuba dijadwalkan akan mengunjungi JCH Malut di Embarkasi Makassar pada Sabtu (25/6/2022).

“Pak gub sore kemarin dari Jakarta ke Makassar. InsyaAllah serah terima di Embarkasi Makassar. Pak gub yang penyerahan,” ujarnya.

Berikut kuota JCH Provinsi Malut musim haji 1443 H/2022 M sebanyak 491 orang dengan rincian kuota per kabupaten/kota sebagai berikut:

Baca Juga:  Berikut ini 5 Pulau di Maluku Utara Bakal Dapat Pelayan Penukaran Uang Melalui KRI Teluk Weda-526

Kota Ternate ; 121 orang,

Kota Tidore ; 53 orang,

Pulau Morotai ; 22 orang,

Pulau Taliabu ; 18 orang.

Kepulauan Sula ; 45 orang,

Halmahera Selatan ; 92 orang,

Halmahera Utara ; 43 orang,

Halmahera Barat ; 32 orang,

Halmahera Tengah ; 29 orang, dan

Halmahera Timur ; 28 orang,

Jumlah ini dibagi dalam dua kelompok terbang (Kloter) dengan rincian, Kloter 11 berjumlah 489 orang dan Kloter 12 berjumlah 102 orang.

Kloter 11 terdiri dari JCH asal Kota Ternate, Halmahera Selatan, Kepulauan Sula, Halmahera Utara, Halmahera Timur, Pulau Morotai dan Halmahera Barat. Sedangkan Kloter 12 yakni, Kota Tidore, Halmahera Tengah dan Pulau Taliabu.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.