Lepas JCH, Bupati Halbar Serahkan Uang Saku dan Kartu Kesehatan

JAILOLO – Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Provinsi Maluku Utara melepaskan keberangkatan 32 Jamaah Calon Haji (JCH), Kamis (23/6/2022) pagi. Acara berlangsung di Masjid Raya atau Sigi Lamo, Desa Gufasa, Kecamatan Jailolo.

JCH diberangkatkan dari pelabuhan Jailolo menuju pelabuhan Ahmad Yani Kota Ternate.

Acara pelepasan JCH inu berlangsung penuh haru. Diiringi nyanyian qasidah dan musik rabana mengantarkan para CJH menaiki bus menuju pelabuhan Jailolo. Tampak didampingi oleh keluarga para CJH masing-masing.

Bupati Halbar, James Uang berpesan kepada seluruh JCH agar selalu menjaga kekompakan dan kebersamaan antar sesama. Patuhilah segala ketentuan ibadah haji serta arahan petugas resmi dari pemerintah.

Baca Juga:  Waspada Potensi Gelombang Setinggi 2,5 Meter di Perairan Maluku Utara

“Saya mengucapkan kepada saudara saudari, bahwa kami yang ada di Halbar selalu mendoakan kepada saudara-saudari sekalian agar melaksanakan rukun Islam yang ke 5 ini dengan baik dan kelak setelah kembali ke Halbar bisa menjadi teladan serta penerang bagi umat Islam maupun segenap masyarakat Halbar,” ucapnya.

“Oleh karena itu, saya harapkan agar jemah calon haji agar bisa menjalankan ibadah dengan baik dan terpenuhi segala rukun dan kewajiban, sehingga nantinya bisa menjadi haji yang mabrur,” sambung Bupati.

Baca Juga:  BNPB: Morotai Memiliki Potensi Gempa yang Cukup Tinggi

Sementara itu, Ketua Pantia Haji Kabupaten Halbar, Syahril Abd Rajak dalam sambutannya menyampaikan,  keberangkatan JCH tahun ini sangat ketat akan aturan, terutama terkait protokol kesehatan.

“Untuk itu, kepada jemaah agar bisa menjaga kesehatannya. Kita di rumah akan mendoakan supaya mereka pergi dengan selamat, sehat dan pulang juga dengan selamat dan sehat,” pungkasnya.

Sebelumnya, dalam laporan Kepala Kantor Kementerian Agama Halbar, Hasbullah Taher memaparkan, JCH musim haji 1443 Hijriah berjumlah 32. Terdiri dari, Kecamatan Jailolo sebanyak 17 orang, Kecamatan Jailolo Selatan 8 orang, Kecamatan Sahu 1 orang, Kecamatan Ibu 5 orang, Kecamatan Ibu Selatan 5 orang dan Kecamatan Loloda 1 orang.

Baca Juga:  Pemda Halbar Teken MoU Dengan PT. Samudera Biru Mangun Kencana

“Klasifikasi jenis pekerjanya ini adalah PNS 8 orang, swasta 9 orang, karyawan BUMN 1 orang, tani nelayan 5 orang dan IRT 9 orang,” paparnya.

Sebelum keberangkatan, Bupati Halbar menyerahkan uang saku serta kartu kesehatan secara simbolis kepada 32 JCH.(tr-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.