Wakil Bupati Kepsul Lepas Kontingen KSM Tingkat Provinsi Maluku Utara Tahun 2023

MALUTTIMES – Wakil Bupati Kepulauan Sula, M. Saleh Marasabesy resmi melepas 55 siswa kontingen Kabupaten Kepulauan Sula untuk mengikuti kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Maluku Utara tahun 2023 di Kota Ternate pada 5-6 Agustus 2023.

Acara pelepasan kontingen peserta KSM itu tersebut berlangsung di Istana Daerah Kepulauan Sula (Kepsul) Senin (31/7/2023). Turut dihadiri oleh sejumlah pimpinan OPD.

Kegiatan tersebut bertajuk “Mempertguh Akhlak Mulia, Kreatif, Inovatif, Berwawasan, Kebangsaan, Cerdas, Sehat, Disiplin serta Menguasai Iptek”.

Dalam sambutan Bupati Kepulauan Sula Fifian Adeningsih Mus yang dibacakan Wakil Bupati M. Saleh Marasabesy menyampaikan, KSM merupakan kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun semangat berkompetisi sains dikalangan siswa Madrasah, maupun sekolah umum yang telah menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi dan mulai berupaya mengkolaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam.

Baca Juga:  Polres Morotai Terjunkan 230 Personel Pengamanan Pemilu

“Madrasah sekarang tidak sama seperti yang dulu. Dimana Madrasah sekarang dituntut harus lebih baik dan memiliki kemampuan yang jauh lebih baik. Baik dalam bidang umum maupun bidang keagamaan, serta dapat memiliki prestasi,” katanya.

Saleh mengatakan, dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para siswa dan siswi Madrasah maupun sekolah umum lainnya yang terlibat langsung, mampu mengharumkan nama Kepulauan Sula mulai dari tingkat provinsi hingga tingkat nasional.

Baca Juga:  2 Tahun AJI Ternate Konsisten Jaga Mutu Jurnalisme dan Advokasi Kasus Kekerasan Terhadap Jurnalis

“Kompetisi sains ini adalah ajang kreatifitas dan inovasi yang harus terus dikembangkan secara terus menerus. Kami Pemda Sula akan terus mendukung kegiatan yang sangat positif ini, agar dapat melahirkan generasi yang semakin maju dalam bidang iptek, sehingga dapat membawa Kepulauan Sula kearah yang lebih baik menuju Sula bahagia,” harapnya.

Terpisah, Ketua Kontingen Bobi Fachrudin mengatakan, KSM ini adalah salah satu wahana kompetisi dimana peserta ini akan diuji.

Baca Juga:  Disdukcapil Morotai Imbau Orang Tua Urus Akta Kelahiran Anak

“Ada empat literasi. Yang pertama literasi membaca, literasi sains, literasi budaya dan literasi generasi,” bebernya.

Di tahun kemarin Sula mendapatkan hasil yang sangat maksimal. Ditahun ini diupayakan dapat prestasi yang lebih memuaskan atau bisa mempertahankan prestasi tahun kemarin.

“Ada 48 Madrasah yang mengikuti kegiatan KSM ini, setelah diseleksi ditingkat Kabupaten Kepulauan Sula. Tetapi dari hasil seleksi itu, hanya 13 Madrasah yang lolos,” ungkapnya.(tem/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.