Bupati Fifian Adeningsi Mus Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas Tahun 2023

MALUTTIMES – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Selasa (2/5/2023).

Dalam upacara tersebut, Bupati Fifian Adeningsi Mus bertindak sebagai inspektur upacara di halaman Istana Daerah Kepulauan Sula. Peringatan Hardiknas Tahun 2023 ini digelar dengan tema, “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”.

Sambutan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Nadiem A. Makarim yang dibacakan oleh Bupati Fifian Adeningsi Mus menyampaikan bahwa, selama 3 tahun terakhir perubahan besar terjadi di mana-mana dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia.

Baca Juga:  Kondisi Terkini Kinerja APBN Maluku Utara Tetap Adaptif di Tengah Risiko Global

“Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat,” ucap Bupati.

Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

Bupati mengemukakan para tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya serta peserta didik di seluruh Nusantara adalah kapten dari kapal besar yang bernama Indonesia. Perjalanan dan perjuangan harus terus dilanjutkan, agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar-benarnya dalam belajar dan bercita-cita.

Baca Juga:  Pemda Morotai Gelar Karnaval Budaya, Meriahkan Hardiknas 2024
Atraksi marching band peringatan Hardiknas Tahun 2023 di Kabupaten Kepulauan Sula. (foto: istimewa)

“Oleh karena itu, mari semarakkan hari pendidikan nasional dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, Mendidik Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan,” pungkasnya.

Upacara tersebut merupakan puncak rangkaian acara dalam menyemarakkan Hari Pendidikan Nasional. Sebelumnya, peluncuran kegiatan Hardiknas telah dimulai pada tanggal 30 April 2023 ditandai dengan pergelaran karnaval yang diikuti oleh siswa-siswi TK/Paud, SD/MI, SMP/Mts dan SMA/MA se-Kepulauan Sula. Dilanjutkan dengan cerdas cermat antar sekolah, dan diikuti lomba gerak jalan indah dan panjat pinang.

Baca Juga:  JUJUR Optimis Menang Telak Di Pilkada 2024
Atraksi marching band peringatan Hardiknas Tahun 2023 di Kabupaten Kepulauan Sula. (foto: istimewa)

Pada akhir upacara juga turut disuguhkan dengan atraksi penampilan perdana marching band Garuda Laksana SMP Negeri 1 Sanana, juga turut pembagian santunan oleh Bupati pada siswa-siswi peserta upacara. Kemudian dilanjutkan dengan pembagian hadiah juara pada pemenang lomba perayaan Hardiknas.(tem/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.