Seminar Nasional CPN Banau Bin Alum Menunggu Konfirmasi Kemensos RI

MALUTTIMES – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat (Halbar) Maluku Utara (Malut) dalam waktu dekat akan melanjutkan Tahapan Seminar Nasional pengusulan Calon Pahlawan Nasional (CPN) Banau Bin Alum di Aula Banau Universitas Khairun (Unkhair) Ternate.

Hal ini diketahui saat pihak Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bersama Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Halbar menggelar rapat pembahasan di ruang rapat Sekda Halbar Kamis, (12/01).

Pemkab Halbar melalui Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Amos Sully Tugugu, S.Sos usai rapat kepada MalutTimes.com mengatakan, rapat tersebut dalam rangka pembahasan persiapan Seminar Nasional dan juga dokumen pendukung lainnya.

Terkait waktu pelaksanaan Seminar Nasional tersebut menurut Amos, pihaknya tengah menunggu konfirmasi ketersediaan waktu narasumber dari pihak Kementerian Sosial dan juga Sejarawan Nasional.

Baca Juga:  Dapat Dukungan Maju Bupati Dua Periode Dari Haji Robert, Begini Pernyataan James Uang

“Rencananya dalam bulan ini, tapi kami masih harus konfirmasi ketersediaan waktu narasumber dari pihak Kemensos dan juga Sejarawan Nasional,”kata Amos.

Amos mengungkapkan, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bersama Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Halbar saat ini secara rutin melakukan pembahasan terkait kebutuhan dokumen pengusulan Banau sebagai pahlawan nasional.

“Kami rutin melakukan pembahasan terkait dokumen yang dibutuhkan dalam Pengusulan Calon Pahlawan Nasional,”ujarnya.

Sementara itu salah satu anggota TP2GD Halbar Fahmi Albaar saat dikonfirmasi mengatakan, seluruh dokumen dan juga naskah akademik Banau telah disiapkan, meskipun begitu Fahmi mengaku ada sebagian dokumen yang masih perlu di kejar untuk melengkapi dokumen persyaratan pengusulan Banau sebagai Pahlawan Nasional.

Baca Juga:  BMKG: Prediksi Angin Kencang Mengakibatkan Banjir di Wilayah Obi, Ibu dan sekitarnya

“Rapat tadi kita bahas terkait kesiapan Seminar Nasional pengusulan Calon Pahlawan Nasional Banau Bin Alum, jadi soal dokumen, secara keseluruhan kami sudah siapkan, naskah akademik juga sudah disiapkan oleh tim perumus dari akademisi Unkhair, nah, ada beberapa dokumen yang menurut kami harus di kroscek dari Pemda Halbar, tapi itu tidak menjadi persoalan,”cetus Fahmi

Fahmi berharap, di Seminar Nasional nanti, Pemda Halbar dalam hal ini Bupati dan wakil Bupati serta Sekda dapat mengerahkan seluruh SKPD, Kabid, Kabag, dan juga seluruh Kepala Desa se-kabupaten Halmahera Barat untuk hadir dan menyaksikan.

Baca Juga:  Seleksi PPPK Taliabu Dimulai, Kadisdik Pantau Pelaksanaan Tes

“Iya, saya berharap di Seminar Nasional nanti, Bupati dan wakil Bupati dan juga Sekda mengerahkan seluruh SKPD, Kabid, Kabag dan seluruh kepala desa di halbar untuk hadir, Banau bukan punya kelompok, Banau adalah Pahlawan bagi seluruh masyarakat Halbar,”tandasnya.

Untuk diketahui Pelaksanaan Seminar Nasional ini direncanakan di Aula Banau Kampus Unkhair Ternate, Kelurahan Akehuda dengan Narasumber Keterwakilan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia, Sejarawan Nasional dan Sejarawan Lokal dari Akademisi Unkhair Ternate. Karena itu Kepada segenap stakholder untuk bisa menghadiri dan menyukseskan Kegiatan tersebut.(all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.