Pemda Halbar Gelar Seminar Banau Sebagai Calon Pahlawan Nasional

MALUTTIMES – Usai menggelar Focus Grup Discussion (FGD) yang ketiga pada jumat 30 Desember 2022, Pemerintah Daerah Halmahera Barat (Halbar) melanjutkan tahapan Seminar Kabupaten dan Seminar Provinsi di Aula Baikole Kantor Bupati Halbar Sabtu (31/12).

Seminar tingkat Kabupaten dan Provinsi yang di inisiasi oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Halmahera Barat itu menghadirkan narasumber dari Sejarawan Universitas Khairun Ternate dan juga pihak Dinas Sosial Provinsi Maluku Utara.

Dalam seminar tersebut, Wakil Bupati Halbar Djufri Muhamad mengaku ada harapan besar untuk mendorong Banau sebagai pahlawan nasional, keyakinan orang nomor dua dilingkup pemkab halbar ini menyusul karena adanya surat yang diberikan Pemda Halbar kepada Presiden Jokowi saat berkunjung ke Halmahera Barat.

Menurut Djufri FGD Ketiga yang dilaksanakan hingga meranjak pada tahapan seminar kabupaten dan seminar Provinsi itu merupakan nawaitu yang cukup baik yang di bangun oleh pemerintah Daerah dan di dorong oleh segenap teman teman dari Banau Institute sehingga tahapan yang dinantikan dapat berjalan dengan baik.

“Mudah mudahan secepatnya seminar nasional dilaksanakan dan kita menunggu keputusan Provinsi hingga di bawakan ke pusat, saya optimis karena surat kami sudah masuk di meja presiden,”kata Djufri saat memberikan sambutan pada acara Seminar tersebut.

Baca Juga:  KPU Taliabu Gelar Tes Tertulis PPS Serentak

Dikatakannya, Pemerintah Daerah sangat berterima kasih kepada Banau Institute yang telah menginisiasikan pengusulan Banau sebagai pahlawan nasional dan ditindaklanjuti oleh dinas sosial, dirinya juga mengungkapkan rasa terima kasih atas dukungan Yayasan The Thebings, Universitas Khairun Ternate dan juga kepada Ketua dan anggota TP2GD Halbar.

“Terima kasih kepada Banau Institute, Dinas Sosial Halbar, TP2GD Halbar dan seluruh Stakeholder yang turut mensukseskan agenda ini, saya berharap agenda ini berlangsung hingga dapat berlanjut ke meja presiden,”harap Wabup

Orang nomor dua dilingkup pemkab halbar ini juga berharap, Dinas Sosial Halbar untuk terus berkoordinasi dengan pihak TP2GD Halbar, sehingga tahapan demi tahapan dapat berjalan dengan baik sesuai harapan, dirinya meminta kepada seluruh SKPD agar turut berperan aktif dalam upaya mendorong Banau sebagai pahlawan nasional.

“Untuk Dinas Sosial Halbar, saya minta terus melakukan koordinasi dengan TP2GD Halbar dan pihak Dinas sosial Provinsi, saya juga berharap SKPD dilingkup pemkab halbar untuk berperan aktif, sehingga nanti di tahapan seminar nasional kita semua bisa tunjukkan bahwa kita punya harapan besar, Banau sebagai pahlawan nasional,”pinta Wakil Bupati.

Baca Juga:  Seorang IRT di Morotai Ditemukan Tak Bernyawa di Kamar, ini kata Polisi

Sementara Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Amos Sully dalam laporannya menyampaikan, maksud digelarnya Seminar Kabupaten dan Seminar Provinsi itu untuk membangun dasar dan fondasi secara mendalam terkait pengusulan Banau sebagai pahlawan nasional.

Seminar Kabupaten yang dirangkaikan dengan Seminar Provinsi Ini tujuannya adalah, untuk dapat terpenuhinya standar usulan calon pahlawan nasional Banau Bin Alum,”ungkap Amos.

Dirinya mengaku anggaran yang digunakan untuk tahapan awal hingga pada Seminar Kabupaten dan Provinsi itu sebesar 750 juta yang bersumber dari APBD Halbar tahun 2022.

“Harapan kami, semoga tahapan ini berjalan dengan baik hingga sampai ke meja presiden, dan Banau dapat dianugerahi sebagai pahlawan nasional,”imbuhnya

Amos menyampaikan, untuk Seminar Nasional nanti, direncanakan akan dilaksanakan di Universitas Khairun Ternate pada bulan Februari 2023 mendatang, olehnya itu dirinya berharap agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah dan Kepala Kepala Bidang serta Badan dan juga para camat dan kepala desa se kabupaten Halmahera Barat dikerahkan untuk menghadiri seminar nasional tersebut.

“Kami juga berharap, di Seminar Nasional nanti, Bupati dan Wakil Bupati mengerahkan seluruh SKPD, Kepala bidang, Kabag dan juga para Kabid serta Camat dan Kepala Desa se-kabupaten Halmahera Barat untuk dapat menghadirinya nanti,”tandasnya

Baca Juga:  Perkiraan Cuaca Maluku Utara Hari ini, BMKG: Morotai & Sekitarnya Berpotensi Hujan serta Angin Kencang

Kabid Pemberdayaan Sosial, Dinas Sosial Provinsi Maluku Utara, Zen Kasim saat dikonfirmasi Wartawan usai seminar mengatakan, tahapan selanjutnya Pemda Halmahera Barat dalam hal ini Dinas Sosial melakukan seminar nasional, setelah itu dinas sosial melalui Bupati mengeluarkan rekomendasi untuk mengusulkan ke Gubernur sebagai calon pahlawan nasional.

“Calon pahlawan nasional Banau itu sekarang sudah masuk seminar tingkat provinsi, jadi nanti Pemda Halbar menyiapkan seluruh kebutuhan dokumen untuk melanjutkan pada tahapan seminar nasional nanti,”ujar Zen Kasim

Zen Kasim menjelaskan, setelah Seminar Nasional, Dinas Sosial Provinsi Maluku Utara akan menunggu dokumen Banau dan diserahkan ke TP2GD Provinsi untuk disidangkan.

“Ada 4 kali sidang, apabila sudah lengkap, maka akan diusulkan ke gubernur untuk menerbitkan rekomendasi diusulkan ke pusat, tetapi jika dokumen belum lengkap, kami akan dikembalikan ke bupati untuk dilengkapi, saya lihat langkah-langkah ini sudah bagus, kita tinggal melihat dokumen yang lain,”terangnya.(all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.