Mahasiswa Kubermas Unkhair Gagas FIlm Dokumenter Adat dan Budaya Desa Tuada

Malut Times – Mahasiswa Universitas Khairun Ternate, Maluku Utara yang melaksanakan tugas kuliah bermasyarakat (Kubermas) tahap I Tahun 2022 di Desa Tuada, Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat membuat film dokumenter tentang adat dan budaya desa tersebut.

Selain mengangkat potensi daerah, adat dan budaya, film dokumenter yang digagas 15 mahasiswa Kubermas ini juga sebagai wadah mempromosikan pariwisata Kabupaten Halmahera Barat.

Dosen Pendamping Lapangan (DPL), Dr. Rustam Hasim kepada wartawan, Minggu (28/08/2022) mengatakan, perancangan film dokumenter Desa Adat dan Budaya ini bertujuan untuk mendapatkan suatu rancangan desain komunikasi visual yang efektif, objektif dan komunikatif.

Baca Juga:  Buka Puasa Bersama Wartawan, ini Pesan Bupati Halbar

“Film dokumenter ini juga akan mampu menarik minat serta target audience dan juga ikut membantu dalam upaya meningkatkan potensi wisata daerah serta melestarikan kekayaan alam dan budaya yang dimiliki Desa Tuada,” kata Rustam.

Rustam menjelaskan, Desa Tuada secara administratif termasuk dalam wilayah Kabupaten Halmahera Barat yang terletak di arah selatan Kecamatan Jailolo, dengan jarak 9,5 km dari kantor kecamatan. 

Baca Juga:  Nelayan di Morotai Utara Keluhkan Harga BBM yang Tak Wajar, Begini Respon Pengelola SPBUN

Sementara Desa Tuada dengan Kantor Bupati Halmahera Barat berjarak 7 km. Sedangkan menuju Kantor Gubernur Maluku Utara berjarak 105 km.

“Untuk waktu tempuh menuju pusat kota kecamatan sekitar 35 menit. Sedangkan waktu tempuh menuju ibu kota kabupaten sekitar 20 menit,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.