Sejumlah Fasilitas Wisata Pulau Dodola Rusak, Perlu Dibenahi

MALUTTIMES – Fasilitas pendukung objek wisata Pulau Dodola, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara sebagian besar mulai rusak, seperti bangunan tempat kuliner hingga jembatan keliling mangrove yang dikenal dengan nama Jembatan Love tampak rusak parah.

Amatan maluttimes.com, Sabtu (20/4/2024) bangunan yang tampak megah jika dilihat dari luar itu berbeda dengan kondisi di dalamnya. Fsilitas seperti meja dan lemari rusak dan tak terurus. Bahkan plafon bangunan tersebut sudah ambruk.

Begitu juga dengan kondisi fasilitas pendukung lainnya seperti jembatan keliling mangrove. Jembatan yang dibangun pada tahun 2019 dengan panjang kurang lebih 100 meter itu tak bisa lagi dilintasi. Lantai jembatan yang terbuat dari papan kayu itu lapuk dan rusak.

Baca Juga:  PLN Siapkan Listrik Andal Sukseskan MTQ X Tingkat Kabupaten di Weda

Plt. Kepala Dinas Parawisata Pulau Morotai, Saban Lanoni mengaku tidak bisa berbuat banyak dengan kondisi fasilitas wisata Pulau Dodola yang mengalami kerusakan itu, karena tidak ada anggaran perawatan.

Jembatan wisata Pulau Dodola rusak. (Iki/maluttimes)

“Harus diakui memang hampir sebagian besar fasilitas yang terdapat di Pulau Dodola mengalami kerusakan, bahkan ada yang sudah kategorikan cukup parah,” katanya, Senin (22/04/2024).

Baca Juga:  Morotai United FC Siap Berlaga di Liga III

Persoalan ini telah dikomunikasikan dengan pimpinan daerah dan telah dilakukan pendataan sejumlah fasilitas yang mengalami kerusakan.

“Setelah lakukan mengecekan dan didata semua kerusakan, kita buat perencanaan untuk masukan dalam anggaran tahun 2025. Kaban Bappeda juga sudah iyakan untuk perencanaan perbaikan pada tahun 2025. Tapi, kita hitung dulu untuk kerusakan totalnya berapa, nanti kita masukan didalam permintaan itu,” ujar Saban.(iki/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.