Tauhid Soleman Salurkan Zakat ke Baznas Kota Ternate

MALUTTIMES – Walikota Ternate, DR. M. Tauhid Soleman, Jumat (5/4/2024) secara resmi menyalurkan zakat pribadi ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Ternate, Maluku Utara.

Zakat yang disetor meliputi zakat mal dan zakat fitrah. Penyetoran zakat itu sendiri berlangsung dalam acara Pembayaran Zakat Pimpinan Daerah, instansi vertikal, BUMN/BUMD, perbankan dan Kepala OPD.

Dalam kesempatan itu, Tauhid Soleman mengatakan, pembayaran zakat melalui Baznas Kota Ternate ini akan makin memperkuat Baznas sebagai lembaga amil yang konsisten mensejahterakan rakyat.

Baca Juga:  Dermaga Speedboat Pulau Dodola Rusak dan Tak Berfungsi

Menurut Tauhid, jumlah warga kurang mampu bisa ditekan dengan memberikan bantuan kepada mereka, dan Baznas Kota Ternate sudah banyak berbuat untuk membantu pemerintah dalam menekan angka kemiskinan.

Dia berharap, melalui momen Ramadan ini makin meningkatkan rasa solidaritas antar sesama warga, saling membantu dan meningkatkan ketakwaan dan ketaatan kepada Allah SWT.

Sementara itu, Wakil Ketua I Baznas Kota Ternate, H. Mu’min Arif, SH, MH., menjelaskan, program pembayaran zakat ini merupakan program berjenjang dari Baznaa RI hingga ke kabupaten/kota.

Baca Juga:  Lanjut Periode Kedua, JUJUR Mendaftar Di Gerindra

“Ini tradisi tahunan. Melalui kegiatan ini kita berharap segenap pimpinan, forkopimda, OPD, instansi pusat di kota Ternate, pimpinan BUMN/BUMD, perbankan, organisasi dan sebagainya, dapat tergerak hatinya untuk menunaikan zakatnya ke Baznas,” kata Mu’min.

Ia juga membeberkan, sampai di triwulan ke tiga ini Baznas Kota Ternate telah menghimpun Rp1 miliar lebih dana umat, dan telah disalurkan ke warga yang berhak menerima.

Bantuan yang disalurkan tersebut diberikan dalam berbagai bentuk, baik barang, dana tunai maupun bantuan pendidikan dan kesehatan.

Baca Juga:  Waterfront City Zona lll Morotai Segera Dibangun, PUPR: Tidak Menggangu Kawasan Mangrove

Selain itu dalam bulan Ramadhan ini juga telah disalurkan sebanyak 600 zak beras, dan 200 paket sembako yang diberikan kepada warga melalui Pemkot Ternate dalam berbagai kegiatan Ramadan.

Trut hadir dalam acara pembayaran zakat ini, Kepala Bank BPRS Bahari Berkesan, Kepala Bank Mandiri Cabang Ternate Nukila, perwakilan Dandim 1501 Ternate dan Kejaksaan Negeri Ternate, serta sejumlah undangan.(tim/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.