Pemda Morotai Tetapkan Shalat Idul Fitri 2024 di Masjid Agung Baiturrahman

MALUTTIMES – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara menetapkan lokasi pelaksanaan shalat Idul Fitri 1445 Hijriah/Tahun 2024 terpusat di Masjid Agung Baiturrahman.

Penetapan ini disepakati bersama antara Pemerintah Daerah, Kantor Kementerian Agam, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan para Imam di wilayah Kecamatan Morotai Selatan.

“Dalam rapat tadi, semua punya pemahaman yang sama, bahwa pelaksanaan Sholat Id (Idul Fitri) tahun ini harus betul-betul khidmat. Jadi jamaah diseputaran Kota Daruba kita undang ke Masjid Agung,” ucap Asisten III Setda Pulau Morotai, Kalbi Rasyid, saat dikonfirmasi, Senin (25/3/2024).

Baca Juga:  Sashabilah Mus, Jebolan Manchester University Pulang Kampung untuk Taliabu

Untuk urusan khatib diserahkan ke Kepala Kemenag Pulau Morotai, Kubais Baba. Sedangkan imam dipercayakan ke imam Masjid Agung Baiturrahman.

“Kita juga sepakati, walau Sholat difokuskan di Mesjid Agung, tapi kalau Masjid-Masjid lain diseputaran kota yang mau melaksanakan sholat Id, juga tidak masalah. Mengingat jangan sampai ada orang tua kita yang sudah tua, tidak bisa lagi ke Mesjid Agung mereka bisa melaksanakan di Masjid terdekat,” ujarnya.

Baca Juga:  Turnamen Sepak Bola dan Bola Voli Siap Ramaikan HUT ke-11 Pulau Taliabu

Sedangkan waktu pelaksanaan masih menunggu hasil putusan Sidang Isbat dari Kementerian Agama RI.

“Yang pasti, Pemkab bersama kaum muslim di Morotai siap melaksakan Sholat Id, waktunya kita menunggu sidang isbat,” tandasnya.(iki/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.