Aktivitas Gunung Gamalama Meningkat Jadi Waspada

MALUTTIMES – Aktivitas Gunung Gamalama Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara statusnya naik menjadi level II atau waspada. Status ini disampaikan dalam laporan Pos Pengamatan Gunung Api Gamalama, Sabtu (6/1/2024).

Laporan tersebut menyebutkan, berdasarkan amatan visual gunung dengan ketinggian 1715 mdpl itu berkabut 0-III. Dimana, asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang dan tinggi 20-30 meter di atas puncak kawah.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat, aktivitas gempa hembusan terjadi sebanyak 6 kali, dengan amplitudo 3-5 mm, dalam durasi 14.48-30.93 detik.

Baca Juga:  Gelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024, ini Pesan Ketua Bawaslu Morotai

Sementara gempa vulkanik dalam berjumlah 7 kali, dengan amplitudo 4-46 mm, dengan durasi 14.63-26.59 detik.

“Gempa tektonik lokal 6 kali, gempa tektonik jauh 13 kali. Getaran banjir atau lahar hujan terekam 1 kali dengan amplitudo 4 mm, durasi 14653.9 detik,” demikian laporan Pos Pengamatan Gunung Api Gamalama.

Dengan aktivitas level waspada, warga, pengunjung maupun wisatawan yang berada sekitar Gunung Gamalama Ternate direkomendasikan tidak beraktivitas di radius 1.5 km dari kawah puncak gunung.

Baca Juga:  Bupati Aliong Mus Ucapkan Selamat atas Gelar Jenderal Kehormatan Prabowo

“Pada musim hujan, masyarakat yang tinggal di sekitar aliran sungai yang berhulu di Gunung Gamalama agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar,” sambung dari aporan tersebut.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.