Peringatan Gelombang Tinggi di Laut Maluku Utara, KSOP Tunda Sementara Keberangkatan Kapal Penumpang Lokal

MALUTTIMES – Pelayaran kapal rute Ternate tujuan Loloda, Dama, Morotai, Sanana, Batang Dua, dan Bitung serta Manado ditunda sementara. Hal ini sesuai surat pemberitahuan dari  Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate, Maluku Utara, Jumat (7/4/2023).

Pemberitahuan dengan nomor: UM.003//24/KSOP.TTE-2023 dan isi pemberitahuan diantaranya, penundaan rute pelayaran tersebut menindaklanjuti Prakiraan Wilayah Cuaca Pelayaran dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Babullah Ternate yang dikeluarkan pada tanggal 7 April 2023, perihal Peringatan Dini Gelombang Tinggi (Early Warning) yang berlaku mulai tanggal 07-10 April 2023.

Selain itu, tinggi gelombang tinggi gelombang 2.5-4 meter dan kecepatan angin sampai dengan 30 knot yang berpeluang terjadi di Perairan Halmahera, Perairan Sula, Perairan Batang Dua, Perairan Bitung dan Manado.

Baca Juga:  Sepeda Motor Pemdes Daruba Terbakar, Pengemudi Selamat

Mengantisipasi terjadinya korban jiwa dan harta benda di laut, maka kami menunda sementara keberangkatan kapal-kapal Penumpang Lokal/Ferry, Perintis, Landing Craft Tank (LCT), SPOB, dan kapal-kapal pelayaran rakyat terutama rute Ternate tujuan Loloda, Dama, Morotai, Sanana, Batang Dua, Bitung Dan Manado.

Dikonfirmasi via pesan WhatsApp, Kepala Seksi Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli, KSOP Kelas II Ternate, Miraza Polpoke membenarkan penundaan dilakukan karena cuaca ekstrim.

Baca Juga:  DP2KP Morotai Berencana Kembali Gelar Pasar Murah, ini Jadwalnya

“Iya betul surat ini kami KSOP Ternate mengeluarkan,” jelasnya.(tim/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.