PLN UIW Maluku-Malut Pastikan Pasokan Listrik Aman selama Ramadan hingga Lebaran

MALUTTIMES – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Maluku dan Maluku Utara (Malut) menggelar apel siaga Pengamanan Pasokan Kelistrikan Ramadan dan Idul Fitri 1444 H/Tahun 2023, Senin (13/3/2023).

Dalam apel siaga itu, General Manager PT PLN (Persero) UIW Maluku-Malut, Awat Tuhuloula terjun langsung di lokasi, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ambon untuk memastikan kesiapan perlengkapan pengamanan kelistrikan jelang Ramadan dan Idul Fitri 1444 H.

“Semua peralatan di monitor dan dicek secara berjenjang mulai dari manajemen tingkat atas sampai manajemen tingkat bawah untuk memastikan semua peralatan itu digunakan dan berfungsi dengan baik,” kata Awat, seperti rilis yang diterima redaksi maluttimes.com di Ternate, Senin (13/3/2023).

Baca Juga:  Tauhid Soleman Salurkan Zakat ke Baznas Kota Ternate

Saat ini, total beban puncak di sistem Ambon mencapai 64.000 kW dan daya mampu sekitar 80.000 kW. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 20 Pasukan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) juga standby sewaktu-waktu dibutuhkan.

Tak hanya itu, lanjut Awat, PLN juga menerjunkan kurang lebih 1.000 personel dengan menerapkan sistem piket bagi petugas operasional selama 24 jam demi menjaga keandalan pasokan listrik dan memastikan umat Muslim di Maluku dan Maluku Utara dapat menjalankan ibadah puasa dan Idul Fitri dengan lancar tanpa adanya gangguan sistem kelistrikan.

PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Maluku dan Maluku Utara (Malut) menggelar apel siaga Pengamanan Pasokan Kelistrikan Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H/Tahun 2023, Senin (13/3/2023). (dok. istimewa)

“Secara umum, semua Kantor Pelayanan (KP) kami fungsikan menjadi posko, kurang lebih 112 sistem jadi posko siaga pada saat Ramadhan dan Idul Fitri. Namun, pada saat hari H pelaksanaan shalat Idul Fitri, biasanya tim kami akan melakukan koordinasi dengan PBHI untuk tempat pelaksanaan shalat Idul Fitri dan disana kami sediakan genset untuk pelaksanaan pengamanan,” terang Awat.

Baca Juga:  AJM Bersih-bersih Pantai Pulau Dodola

Dalam rangka pengamanan pasokan listrik selama Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H pula, PLN UIW Maluku-Malut memastikan tidak ada rencana pemadaman. Langkah terukur ini dipastikan dengan meniadakan operasional terencana, kecuali untuk hal-hal yang bersifat urgent.

“Namun, sekali lagi secara perencanaan rencana pekerjaan itu ditiadakan jadi nanti kita lakukan di H + 7 untuk memastikan sistem. Insya Allah semua sistem stand by, personel siap, supply bahan bakar siap, sehingga mudah-mudahan tidak ada hal-hal yang menonjol pada saat Ramadhan maupun lebaran nanti,” pungkasnya.

Baca Juga:  Sekolah Swasta di Morotai Dapat Dana untuk Membangun, Cek Disini

Adapun Apel Pengamanan Pasokan Kelistrikan Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H Tahun 2023 dipimpin oleh General Manager PT PLN (Persero) UIW Maluku-Malut, Awat Tuhuloula dan diikuti peserta yang terdiri dari Jajaran Senior Manager, Jajaran Manager Bidang, Manager UP3 Ambon, Manajer UPK Maluku, Manager UP2K Maluku, Seluruh Asisten Manager UP3 Ambon, Petugas Yantek (Pelayanan Teknik), Tim PDKB Distribusi UP3 Ambon, Tim PDKB Transmisi UPK Maluku, serta para pegawai lainnya.(tim/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.