Kabar Gembira, 2023 Pemkab Halbar Bakal Terapkan Program Pengobatan Gratis

MALUTTIMES – Kabar gembira untuk masyarakat Halmahera Barat (Halbar), betapa tidak, di tahun 2023 nanti, Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat melalui Dinas Kesehatan bakal menerapkan program pengobatan gratis bagi masyarakat yang kurang mampu.

Hal tersebut disampaikan Bupati Halbar James Uang pada acara Safari Natal yang di gelar di Desa Kedi, Kecamatan Loloda, Kamis (15/12/) dini hari.

James mengungkapkan, untuk merealisasikan 7 program prioritas pemerintah Daerah dibidang kesehatan tersebut, pihaknya telah mempersiapkan anggaran sebesar Rp.14 Miliar pada APBD 2023.

Baca Juga:  Waspada Potensi Cuaca Buruk Disertai Peningkatan Tinggi Gelombang di Maluku Utara

“Nah terkait pengobatan gratis ini masuk dalam 7 program prioritas yaitu Halbar Sehat, dan itu sudah dianggarkan melalui APBD kurang lebih Rp 14 Miliar,”ungkap James.

Menurut James, untuk merealisasikan program tersebut, dirinya telah menginstruksikan kepada Dinas Kesehatan untuk segera melaunching program pengobatan gratis itu pada bulan Januari 2023 mendatang.

“Tahun depan pada bulan Januari 2023, Pemkab Halbar melalui Dinas Kesehatan akan melaunching Program tersebut,”katanya

Baca Juga:  Catat! Ini Jadwal Pertandingan Liga 3 Zona Maluku Utara

Mantan anggota DPRD Halbar empat periode ini mengatakan, hingga saat ini, untuk data BPJS masyarakat halbar yang baru tercover sebanyak 41 ribu sekian, olehnya itu dirinya berharap agar hal tersebut terus digenjot untuk mencapai 98%.

“Saya berharap 98 persen masyarakat halbar kurang mampu harus tercover jelas melalui BPJS pusat maupun daerah,”harap James

James menambahkan, di bawah pemerintahan Jujur ini masih ada warga yang kurang mampu yang layak untuk mendapatkan program pengobatan gratis tersebut, olehnya itu dirinya berharap di tahun 2023 nanti program pengobatan gratis sudah harus dirasakan oleh segenap masyarakat yang kurang mampu.

Baca Juga:  Waspada Potensi Gelombang Setinggi 2,5 Meter di Perairan Maluku Utara

“Apa tujuannya, untuk memberikan pelayanan kesehatan secara baik dan merata, dan dipastikan tidak memungut biaya, karena program pengobatan gratis ini masuk dalam 7 program prioritas pemerintah Daerah,”tandasnya.(all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.