Bupati Fifian Adeningsi Mus Panen Raya Bersama Petani Desa Kabau Pantai

MALUTTIMES – Bupati Kepulauan Sula, Fifian Adeningsi Mus menghadiri panen raya bersama petani Desa Kabau Pantai, Kecamatan Sulabesi Barat, Kepulauan Sula, Maluku Utara, Jumat (12/1/2024).

Panen raya di kebun kelompok tani Mawar Indah itu berupa sayur-sayuran seperti, terong, bayam merah, bayam putih, sawi, kangkung hingga cabai.

Rufita Apal, Ketua Kelompok Tani Mawar Indah Desa Kabau Pantai mengaku sangat terbantu dengan bantuan yang diberikan pemerintah daerah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Baca Juga:  Unipas, AJM dan MTsN 1 Morotai Teken MoU Kemitraan Informasi dan Pendidikan

“Karena yang biasanya masyarakat membeli sayur, tomat, rica dan lain sebagainya di Ibukota, tetapi dengan adanya kebun kelompok tani ini masyarakat sudah tidak susah payah ke kota Sanana lagi, karena orang beli disini,” tuturnya.

Pendapatan yang dihasilkan dari panen sampai sekarang sudah kisaran Rp6 juta.

Bupati Fifian Adeningsi Mus menanam bibi cabai di kebun Kelompok Tani Mawar Indah Desa Kabau Pantai. (Istimewa)

“Rata-rata pendapatan selama dua hari itu, ada yang pendapatannya mencapai Rp300 ribu sampai Rp400 ribu. Kalau panen kali ini belum dihitung,” ujar Rufita.

Baca Juga:  Polres Taliabu Rakor Lintas Sektoral, Bahas Pengamanan Idul Fitri 2024

Dia mengungkapkan kelompok tani Mawar Indah masih banyak kekurangan seperti pompa air dan alat cultivator.

“Semoga kali ini yang menjadi kebutuhan kami dapat direalisasikan oleh pemerintah daerah, lewat komunikasi dengan ibu Alien Mus, anggota DPR RI,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian Kepulauan Sula, Nurhayati Latuconsina menyatakan hampir semua kelompok tani yang dikunjungi mendapat permasalahan yang sama yakni kekurangan air dan alat kultivator.

Baca Juga:  Bupati James Uang Melayat Ke Rumah Duka Korban Lalu Lintas

“Keluhan ini akan kita tampung dan insyaAllah akan kita realisasikan lewat ibu Alien Mus. Karena selama ini yang memberikan alat mesin pompa air dan sebagainya selama kita dapatkan melalui dana aspirasi ibu Alien Mus,” katanya.(tem/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.