Bawaslu Morotai Sosialisasi Penguatan Kapasitas Saksi

MALUTTIMES – Bawaslu Kabupaten Pulau Morotai menggelar sosialisasi Training of Trainers Penguatan Kapasitas Saksi peserta Pemilu 2024. Kegiatan berlangsung di hotel Perdana Morotai, Pulau Morotai, Maluku Utara, Rabu (27/12/2023).

Dihadiri oleh Ketua Bawaslu Morotai, Ramla Molle, dua komisioner Bawaslu Morotai, Murjat Hi. Untung dan Mulkan Hi. Sudin, Kaban Kesbangpol Pulau Morotai, Lauhin Goraahe, Rektor Unipas, Irfan Hi. Abdurahman dan puluhan Caleg serta Ketua Panwascam se-Kabupaten Pulau Morotai.

“Penguatan kapasitas saksi peserta Pemilu ini sangat penting. Ini adalah kegiatan pertama. Kedepan akan ada kegiatan lanjutan seperti ini yang diselenggarakan oleh Bawaslu Pulau Morotai,” ucap Ramla Molle, Ketua Bawaslu Morotai saat memberikan arahan.

Baca Juga:  Sambutan Pj Bupati Morotai dalam Kegiatan Forum Lintas OPD Tahun 2024

Ramla bilang, sukses tidaknya tahapan pungut hitung (suara pemilu) ditentukan dari kapasitas saksi dalam memahami tugas dan tanggung jawabnya saat berada dalam Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Apalagi bapak/ibu adalah utusan partai politik, tentu sebagai utusan kita wajib memberikan yang terbaik bagi setiap partai, namun dengan cara benar dan tepat,” katanya.

Baca Juga:  Pekerja di Morotai Tewas Jatuh dari Tower Setinggi 30 Meter

Ramla berharap adanya kesepahaman terkait kewajiban dan tugas saksi, jangan sampai pada saat pungut hitung saksi datang terlambat sehingga tidak mengikuti rangkaian pembukaan coblos hingga pungut hitung.

“Ujung-ujungnya terjadi keberatan sana-sini. Sebagai pengawas kita tidak menginginkan hal-hal atau tindakan diluar prosedur terjadi,” ucapnya.

“Karena kegiatan ini sangat penting, semua pihak yang mengikuti kegiatan dapat mengikuti kegiatan hingga selesai,” pintanya.(iki/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.