PT LTI Gelar Sosialiasi Keberadaan Jaringan Bawa Laut di Morotai

MALUTTIMES – PT Lein Telekomunikasi Indonesia (LTI) menggelar sosialiasi keberadaan dan pengamanan sarana dan prasarana palapa ring di aula kantor Bupati Pulau Morotai, Maluku Utara, Kamis (26/10/2023).

Kabag Humas Pemkab Pulau Morotai, Ailan Goraahe mengatakan, konstruksi pembangunan serat optik palapa ring di Pulau Morotai diresmikan pada tahun 2019 silam oleh Menteri Kominfo.

“Sejak saat itu, kita belum pernah mengadakan duduk bersama untuk bagaimana menjaga sarana prasarana yang sudah tersedia. Sesungguhnya kita perlu ketahui bahwa keberadaan serat optik ini, sangat penting untuk menunjang berbagai macam kebutuhan layanan telekomunikasi di Kabupaten Pulau Morotai,” katanya.

Baca Juga:  Sambutan Pj Bupati Morotai dalam Kegiatan Forum Lintas OPD Tahun 2024

Ailan mengapresiasi tim PT Lein Telkomunikasi Indonesia yang mempercepat kegiatan ini untuk mengetahui lebih jauh apa urgensi kepentingan dan layanan yang dibawa.

Ditempat yang sama, Direktur Bisnis dan Operasi PT Lein Telekomunikasi Indonesia, Dirgantara Putra berujar, PT LTI ini merupakan badan usaha pelaksana proyek strategis nasional dari Kementerian Komunikasi dan Informasi.

Baca Juga:  Sepeda Motor Pemdes Daruba Terbakar, Pengemudi Selamat

“Jadi kita sudah memulai pembangunan dari sejak tahun 2016, kemudian selesai di tahun 2018 sekaligus langsung beroperasi,” ucapnya.

Pulau Morotamasuk segmen 8. Di proyek 8A ini kebanyakan kabel di bawah laut yang sudah dihubungkan.

“Hanya saja yang menjadi ancaman adalah keberadaan kapal laut. Karena pada saat melakukan pencarian ikan dengan menggunakan rumpon bisa membuat dampak yang tidak baik terhadap keberadaan kabel kami,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.