Meriahkan HUT RI ke-78, Ratusan Pelajar di Pulau Morotai Ikuti Lomba Karnaval

MALUTTIMES – Ratusan pelajar di Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara mulai dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), SD, SMP/Sederajat hingga SMA/Sederajat mengikuti kegiatan lomba karnaval dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-78.

Para peserta lomba karnaval dilepas oleh Pj. Bupati Pulau Morotai, Muhammad Umar Ali. Acara pelepasan berlangsung di bilangan patung monumen Ir. Soekarno, Desa Darame, Kecamatan Morotai Selatan, Rabu (16/8/2023) siang. Antusias masyarakat turut memeriahkan kegiatan tersebut.

Muhammad Umar Ali dalam sambutannya menyampaikan bahwa, kegiatan karnaval ini merupakan wujud dari berkat Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945.

Baca Juga:  Sambutan Pj Bupati Morotai dalam Kegiatan Forum Lintas OPD Tahun 2024

“Karena Indonesia merdeka kita dapat melihat generasi-generasi penerus bangsa hari ini, dengan bangga menggunakan identitas ke Indonesiaan seperti yang diperagakan dan ditampilkan oleh anak-anak kita dari jenjang PAUD hingga SMA dan SMK,” ucapnya.

Kegiatan karnaval Kab. Pulau Morotai. (foto: maluttimes.com)

Selain itu semua orang dapat menengok ke belakang, keragaman budaya dapat menjadi kekuatan untuk melawan penjajahan. Ketika keberagaman dibingkai dalam satu semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Baca Juga:  Pilkada 2024, Gerinda Morotai Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Setelah Lebaran

“Kegiatan karnaval budaya hari ini patut kita memaknai sebagai sebuah momentum untuk mengingat kembali bahwa keberagaman budaya adalah pusaka, untuk menjadikan kita hari ini sebagai bangsa yang besar,” tuturnya.

“Mari kita doakan semoga anak-anak kita dapat menjadi generasi penerus bangsa dan cinta terhadap tanah air Indonesia yang mempunyai semangat jiwa nasionalisme dalam semangat belajar dan berkreasi untuk menjadi generasi yang unggul mampu membawa dan mengisi Kemerdekaan Indonesia yang terus melaju untuk Indonesia,” tutupnya.

Baca Juga:  Polres Taliabu Rakor Lintas Sektoral, Bahas Pengamanan Idul Fitri 2024
Kegiatan karnaval Kab. Pulau Morotai. (foto: maluttimes.com)

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pulau Morotai, F. Revi Dara mengatakan, tujuan kegiatan karnaval adalah untuk menumbuh kembangkan budaya Indonesia khususnya budaya di Maluku Utara oleh warga masyarakat di Pulau Morotai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.