Pemda Morotai Diminta Sediakan Guru Berkebutuhan Khusus

MALUTTIMES – Akademisi Universitas Pasifik (Unipas) Pulau Morotai, Maluku Utara, Amrin Sibua meminta pemerintah daerah menyediakan guru berkebutuhan khusus. Mengingat, sekolah-sekolah di Morotai belum memiliki guru dengan kereteria tersebut.

“Pemerintah daerah harus menyediakan guru berkebutuhan khusus, karena terdapat siswa yang berkebutuhan khusus, tapi gurunya adalah guru umum,” kata Amrin dalam acara dialog yang berlangsung di Taman Kota Daruba, Minggu (5/3/2023) malam.

Menurutnya, siswa yang berkebutuhan khusus harus diajarkan oleh guru yang berkebutuhan khusus juga. Karena yang lebih paham persoalan siswa dengan kereteria seperti ini gurunya harus memiliki besik ilmu yang sama.

Baca Juga:  Syamsudin Ode Maniwi Mendaftar Sebagai Bakal Calon Wakil Bupati di PKB Taliabu

“Berdasarkan regulasi bangun sekolah yang berwewenang membangun itu pihak provinsi. Tapi untuk gurunya kan bisa disediakan oleh pemerintah daerah,” katanya.

Selain penyediaan guru berkebutuhan khusus di Morotai, pemerintah daerah juga diminta menyediakan kendaraan khusus berupa mobil bagi siswa yang berkebutuhan khusus ini.

“Jika ada kendaraan untuk mereka, otomatis meringankan beban orang tua untuk mengantar anaknya ke sekolah, karena siswa berkebutuhan khusus berbeda dengan siswa pada umumnya,” terangnya.(iki/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.