5 Cara Mencegah Bullying di Sekolah

MALUTTIMES – Perilaku bullying bisa dicegah. Simak beberapa cara mencegah bullying di sekolah.

Belum lama ini ramai kasus bullying siswa SMA Binus Serpong. Kasus semakin heboh sebab salah satu pelaku merupakan anak artis Vincent Rompies. Dia pun angkat bicara perihal kasus yang menimpa putranya.

“Doakan juga sekali lagi saya masih membuka pintu komunikasi dengan pelapor. Untuk biar ini semua masalah bisa diselesaikan secara baik-baik dan kekeluargaan,” kata Vincent pada awak media usai menjalani pemeriksaan di Polres Tangerang Selatan, Kamis (22/2) malam.

Sekolah begitu berpotensi jadi tempat bullying. Bahkan sederet kasus bullying memang dimulai dari sekolah.

Dalam rangka Hari Internasional Memerangi Bullying, berikut beberapa cara mencegah bullying di sekolah.

1. Angkat topik bullying dalam obrolan

Agar anak sadar atau aware soal bullying, topik bullying tentu perlu diangkat di obrolan. Interaksi guru dan murid bisa dimanfaatkan untuk mengangkat topik bullying.

Guru perlu memberikan kesempatan pada murid untuk memahami apa itu perundungan, penindasan, intimidasi, kemudian tindakan apa saja yang tergolong di dalamnya.

Guru pun bisa menjelaskan risiko dan bahaya bullying. Bila perlu, ajak siswa untuk membahas aturan dan sanksi bagi pelaku bullying di sekolah.

2. Biasakan anak kerja sama

Guru perlu menginisiasi proyek kelompok. Proyek kelompok dapat memupuk kerja sama dan menumbuhkan interaksi. Siswa akan belajar berkompromi demi menyelesaikan tugas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.