Mengenal Sosok Rusli M. Zen, Bacaleg DPRD Kota Tikep Periode 2024-2029

MALUTTIMES – Rusli M. Zen, ST., merupakan politisi muda dari Partai Demokrat yang saat ini berkompetisi merebut kursi parlemen periode 2024-2029 Daerah Pemilihan (Dapil) II Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Provinsi Maluku Utara.

Sebelum memilih jalur politik, putra keempat dari pasangan M. Zen Hasan dan Raihun Husen (Alm) ini telah tumbuh sebagi seorang aktivis mahasiswa dan gerakan masyarakat sipil di Kota Ternate.

Kisah perjalanan hidup Rusli berasal dari Desa Tauno, Kecamatan Oba Selatan. Sbuah desa yang berdikari diatas pundak pulau Halmahera. Ayahnya yang hanya berprofesi sebagai petani dan pekerja serabutan tak membuat semangat berlajar Rusli surut. Ia punya tekad untuk terus belajar di perguruan tinggi.

Baca Juga:  Bawaslu Pulau Morotai Segera Bentuk Panwascam Pilkada 2024

Suami dari Fatmawati A. Rakib ini menamatkan jenjang pendidikan dasar di SD Negeri Tauno pata 2003. Kemudian pada 2006 ia menamatkan pendidikan jenjang sekolah menengah di MTs Negeri Lola. Rusli kemudian melanjutkan pendidikan menengah keatas MAN Mareku, lulus pada 2009.

Setelah lulus ia terpaksa bekerja sebagai kuli bangunan, semata-mata karena tidak ingin menjadi beban keluarga. Mulai belajar mandiri sejak usia itu.

Baca Juga:  Morotai United FC Siap Berlaga di Liga III

Pada tahun 2010, Rusli memilih melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi Universitas Khairun (Unkhair) Ternate. Disitu, Rusli memilih mendalami ilmu ketekniksipilan. Ditahun itu juga, ia mengikuri training (LK-I) yang diselenggarakan oleh pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisiariat STIKIP Kie Raha. Rusli juga menuntaskan serangkaian agenda intermediate Training LK-II HMI Cabang Ternate tahun 2012.

Pada tahun yang sama, Rusli bersama banyak rekan-rekan kalangan aktivis dari berbagai daerah se-Indonesia mendirikan sebuah organisasi profesi yang berkedudukan di Jakarta. Organisasi ini dikenal dengan nama Ikatan Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia (IMTSI). Disinilah ia dipilih menjadi salah satu fungsionaris Pengurus Pusat (PP) IMTSI dan sampai sekarang masih tetap eksis memperjuangkan keadilan dan pemerataan konstruksi di Maluku Utara.

Baca Juga:  Mendaftar ke Perindo Halbar, Pasangan JUJUR Jilid II Optimis Menangkan Pilkada 2024

Pada tahun 2015, mantan Ketua Bidang Pembinaan Aparatur Organisasi HMI Cabang Ternate ini melanjutkan studi organisasi yakni Advance Training LK-III HMI wilayah Maluku-Maluku Utara yang diselenggarakan BADKO MAL-MALUT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.