Perkiraan Cuaca Maluku Utara 3 Oktober 2023, Tiga Wilayah ini Berpotensi Hujan Lebat

MALUTTIMES – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Ternate mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk di wilayah Maluku Utara, Selasa (3/10/2023).

BMKG mencatat tiga wilayah di Maluku Utara berpotensi hujan lebat yakni, Kabupaten Halmahera Utara, Kabupaten Halmahera Timur dan Pulau Morotai.

Prakirawan BMKG Stasiun Babullah Ternate, Fahmi A. Bachdar mengungkapkan bahwa kondisi cuaca pada pagi hari umumnya cerah-berawan dengan potensi hujan ringan di wilayah Hiri, Weda, Pulau Gebe, Patani, Bicoli dan sekitarnya.

Baca Juga:  Unkhair Gelar Wisuda Periode I Tahun Akademik 2023-2024, Dua Orang Lulusan Terbaik

Sedangkan potensi hujan ringan hingga lebat sore hari di wilayah-wilayah tertentu sehingga warga diminta untuk tetap berhati-hati dalam melakukan aktivitas ketika cuaca buruk.

“Sore hari umumnya cerah berawan dengan potensi hujan ringan-lebat di wilayah Maba, Buli, Wasile, Tobelo, Kao, Galela, Morotai, Sofifi, Oba, Ibu, Jailolo, Loloda, Bacan, Kayoa, Gane Barat, Obi, Weda, Patani,” ungkapnya.

Baca Juga:  DPRD Halbar Gelar Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati 2023

Sementara suhu udara mencapai 27⁰ C-33 ⁰C. Kelembaban udara 55-80 %. Angin timur-selatan 10-40 km/jam.

“Waspada potensi hujan sedang-lebat disertai petir di wilayah Tobelo, Galela, Wasile dan Morotai,” tandasnya.

Untuk informasi ke seluruh masyarakat bahwa, tinggi gelombang di perairan Maluku Utara masih dipasarkan 0,5 hingga 1,25 meter.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.