Mahasiswa Unkhair Bangun Rumah Baca di Kepsul

MALUTTIMES – Mahasiswa Prodi Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Khairun (Unkhair) Ternate membangun rumah baca di Desa Wainin, Kecamatan Sanana Utara, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Provinsi Maluku Utara.

Rumah baca tersebut dibangun sebagai langkah tindak lanjut dari Program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka (MBKM) yang di canangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi ini bertujuan untuk mahasiswa Merdeka dalam Belajar.

“Yakni ‘hak belajar tiga semester di luar program studi’ untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills, agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, program ini juga menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian,” kata Sekretaris MBKM Alwensi kepada wartawan, Minggu, (6/11/2022).

Baca Juga:  Kades se-Kecamatan Mangoli Barat Diinstruksikan Laksanakan Kegiatan Rembuk Stunting

Alwensi mengungkapkan, Prodi Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Unkhair Ternate tidak mau ketinggalan dengan program tersebut.

“Sehingga kami memilih belajar bersama masyarakat di luar kampus,” ucapnya.

Alwensi berujar, tujuan dari rumah baca ini untuk mengajak anak-anak di Deda Wainin sehingga mereka mendapatkan Pendidikan non-formal, karena saat ini Pendidikan di Kepsul hanya berbasis formal, mungkin dari situ sebagian anak-anak merasa tertekan dengan sistem pendidikan di sekolah, jadi dengan adanya rumah baca ini kita mengajak anak-anak untuk belajar serius tapi santai,” jelasnya.

Baca Juga:  Maluku Utara Masuk Urutan Pertama Angka Kematian Bayi Terendah se-Indonesia Timur

Alwensi bilang, yang menjadi kendala bagi peserta MBKM yang bekerja sama dengan pemuda desa Wainin yaitu persoalan anggaran terkait pembuatan rumah baca.

“Jadi kendala yang paling utama saat ini di anggaran,” timpalnya.

Terpisah, Ketua Pemuda Desa Wainin Fadli, mengatakan sejauh ini pemuda desa sangat berperan aktif dalam pelaksanaan pembangunan rumah baca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.