Polisi Sita Miras Tak Bertuan di KM Barcelona Tujuan Ambon

MALUTTIMES – Petugas piket Pos Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3) yang dipimpin Aipda Idham Umaternate berhasil menyita minuman keras (miras) jenis cap tikus di KM Barcelona yang bersandar di Pelabuhan Regional Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara, Minggu (23/10/2022).

Kapolres Kepulauan Sula, AKBP Cahyo Widyatmoko melalui Kasihumas, Ipda. Masqun Abdukish membenarkan penyitaan miras tersebut.

Masqun mengatakan, barang haram itu ditemukan saat anggota piket KP3 melakukan razia di KM Barcelona dari Ternate dan bersandar di dermaga pelabuhan Sanana. Miras tersebut dikemas dalam botol aqua kecil berjumlah 84 botol.

Baca Juga:  Kejari Morotai Terima SPDP Kasus Judi Bola Guling

“Minuman tersebut ditemukan diruang penitipan dengan tujuan Ambon serta tanpa pemilik sehingga barang tersebut diamankan di Pos KP3,” ungkap Masqun.

Menurut Masqun, kejadian tersebut merupakan lemahnya pengawasan anak buah kapal (ABK) terutama di bagian kargo kapal sehingga barang muatan yang isinya miras bisa lolos hingga naik ke kapal dan dilanjutkan sampai di Kota Sanana.

Baca Juga:  BNN Malut Ungkap Empat Desa Di Kecamatan Jailolo Rawan Narkoba

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Sanana jangan segan-segan untuk melaporkan bagi yang mengetahui informasi terkait minuman keras tersebut,” imbuhnya.

“Mau bekingannya siapapun itu dan tidak menutup kemungkinan ada anggota Polri yang terlibat, akan kami tindak tegas sesuai dengan aturan hukum yang berlaku,” tambah Masqun.

Dia menegaskan, Polres Kepulauan Sula akan terus laksanakan penyelidikan, pengawasan dan patroli di daerah-daerah yang terindikasi rawan peredaran miras, terutama di tempat penyeberangan baik laut maupun darat.

Baca Juga:  Tahun 2022 Pertumbuhan Ekonomi Maluku Utara Mencapai 22,94 Persen

“Untuk itu saya mengajak kepada semua masyarakat wilayah Sanana untuk bersama-sama memberantas minuman keras dengan cara tidak mengonsumsi dan mengedarkan, karena pangkal dari semua kejahatan berawal dari minuman keras,” tandasnya.(tem)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.