Panwascam Morotai Selatan Gelar Bimtek Pelatihan Saksi Parpol

MALUTTIMES – Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Morotai Selatan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pelatihan saksi Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2024. Kegiatan berlangsung di Upland Café Desa Gotalamo, Kecamatan Morotai Selatan, Pulau Morotai, Maluku Utara, Rabu (7/2/2024).

Dihadiri oleh Ketua Bawaslu Pulau Morotai, Ramla Molle, Kordiv HP2H, Mulkan Hi. Sudin, Ketua Panwascam Morotai Selatan, Kubais Kuto, sejumlah pimpinan partai dan pengurus serta para saksi Parpol.

Ketua Panwascam Morotai Selatan, Kubais Kuto mengatakan kegiatan ini adalah proses menindaklanjuti yang telah dilakukan oleh Bawaslu Pulau Morotai secara berjenjang.

Baca Juga:  2 Tahun AJI Ternate Konsisten Jaga Mutu Jurnalisme dan Advokasi Kasus Kekerasan Terhadap Jurnalis

“Sehingga kami dari Panwascam Morotai Selatan melaksanakan Bimtek untuk pelatihan peserta pemilu khususnya saksi parpol,” katanya.

Dikatakan, kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada para saksi agar mereka bisa berperan dalam tugas sebagai saksi saat proses pelaksanaan pungut hitung surat suara.

“Hal ini kami lakukan agar saksi-saksi khususnya Morotai Selatan di dapil satu Pulau Morotai memahami secara benar peran dan tugas saksi disaat hari pungut hitung suara,” kata Kubais.

Baca Juga:  Polisi Bekuk Pengedar Ganja di Kepulauan Sula

Kubais menerangkan, pada saat pungut hitung suara Bawaslu dan Panwascam tidak hanya berperan sendiri dalam proses pengawasan kepada seluruh peserta Pemilu, akan tetapi para saksi juga memiliki peran pengawasan.

“Kegiatan ini dalam rangka untuk membangun pemahaman antara saksi dengan pengawas TPS pungut hitung, supaya bisa berperan secara aktif agar setiap dugaan pelanggaran yang akan terjadi, saksi parpol bisa menyampaikan keberatan maupun pengawas TPS bisa memuat form up pengawasan saat terjadi dugaan peristiwa pelanggaran yang terjadi,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.