Kisah Laba-laba dan Burung Merpati Menyelamatkan Nabi Muhammad

MALUTTIMES – Nabi Muhammad SAW pernah selamat dari kejaran kaum Quraisy lewat hewan-hewan di gua Tsur. Allah SWT mengutus laba-laba dan burung merpati.

Kisah bermula saat segala upaya kaum Quraisy gagal dalam menghalangi para sahabat nabi berhijrah ke Madinah. Mereka pun mulai mengkhawatirkan maslahat ekonomi dan eksistensi sosial di mata segenap kabilah Arab.

Sebab itulah, melansir Sejarah Lengkap Rasulullah Jilid 1 oleh Prof. Dr. Ali Muhammad Ash-Shallabi, para pemuka Quraisy berkumpul di Dar An Nadwah untuk mengambil keputusan dalam menghabisi Nabi Muhammad SAW selaku pemimpin dakwah. Kisah ini terabadikan pula dalam surah Al Anfal ayat 30.

Baca Juga:  Maluku Utara Masuk Urutan Pertama Angka Kematian Bayi Terendah se-Indonesia Timur

Keputusan rapat itu pun menghasilkan pencarian jejak Nabi Muhammad SAW dengan cepat. Mereka bahkan mengutus para ahli pencari jejak yang dapat mengikuti bekas tapak kaki manusia yang berjalan di atas pasir.

Untuk mempercepat pencarian, mereka pun melakukan sayembara yakni siapapun yang berhasil membawa Nabi Muhammad SAW maka akan dihadiahi 100 ekor unta.

Baca Juga:  Jalan Menuju Masjid Raya dan Pasar CBD Morotai Rusak Parah, Pengendara Minta Diperbaiki

Sayangnya, rencana tersebut gagal lantaran Allah SWT mengabarkan Nabi Muhammad SAW tentang misi para pemuka Quraisy tersebut sebelumnya. Nabi Muhammad SAW pun berhasil berlindung di Gua Tsur bersama Abu Bakar AS.

Benar saja, saat pasukan Quraisy tersebut tiba di rumah Nabi Muhammad SAW, mereka malah menemukan Ali bin Abi Thalib yang menggantikan posisi Rasulullah di tempat tidur. Mereka pun bertanya, “Di mana temanmu ini?”

Baca Juga:  Nilai Ekspor Provinsi Maluku Utara Desember 2022 Turun US$703,15 Juta

Ali kemudian berkata, “Aku tidak tahu,”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.