Siapakah Golongan Orang yang Masuk Surga Tanpa Hisab?

MALUTTIMES – Tiap manusia akan dibagi ke dalam tiga golongan pada hari kiamat kelak. Salah satunya adalah golongan orang yang masuk surga tanpa hisab. Siapakah mereka?

Informasi mengenai golongan manusia pada hari kiamat tersebut diceritakan dalam Kitab Az Zahr Al Fatih. Disebutkan bahwa Umar bin Khattab mempunyai hamba sahaya perempuan bernama Zaidah. Zaidah ini, pergi membawa kayu bakar untuk memasak adonan pada suatu hari.

Di tengah perjalanannya, ia bertemu dengan kuda dan pengendaranya. Di samping itu, ia tidak pernah melihat pengendara kuda seindah itu.

Baca Juga:  Pemerintah Tetapkan Lebaran Idul Fitri 10 April 2024

Pengendara kuda itu pun menghampiri Zaidah dan berkata,

“Wahai Zaidah, jika kamu melihat Muhammad, katakan kepada beliau, ‘Ridwan, penjaga surga, mengucapkan salam kepadamu,’” ucapnya seperti diterjemahkan Syaikh ash-Shafuri dalam buku Meneladani Rasulullah, Keluarga, Sahabat, dan Para Nabi.

Pengendara kuda itu kembali menitipkan pesan untuk Nabi Muhammad SAW pada Zaidah. Isinya tentang tiga golongan manusia pada hari kiamat kelak.

Baca Juga:  Pemerintah Tetapkan Lebaran Idul Fitri 10 April 2024

Tiga golongan yang dimaksud adalah sepertiga manusia masuk surga tanpa hisab, sepertiga masuk surga dengan hisab yang mudah, dan sepertiga lainnya masuk surga setelah diberi syafaat oleh Nabi Muhammad SAW.

Siapa Golongan Orang yang Masuk Surga Tanpa Hisab?

Golongan orang yang masuk surga tanpa hisab ini pernah dijelaskan oleh Nabi Muhammad SAW dalam sejumlah keterangan haditsnya. Disebutkan bahwa ada 70 ribu orang yang disebut masuk surga tanpa hisab dan siksa di tengah-tengah umat Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga:  Pemerintah Tetapkan Lebaran Idul Fitri 10 April 2024

Namun, 70 ribu orang yang dimaksud bukanlah suatu angka pembatas. Sebaliknya, dijelaskan bawah setiap satu orangnya atau dalam riwayat lain disebut seribu orang, membawa 70 ribu orang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.