Awas! ini 6 Penyebab Kolesterol Tinggi, Biasa Dilakukan Sehari-hari

Malut Times – Penyebab kolesterol tinggi tak cuma berasal dari asupan makanan. Naiknya kadar kolesterol juga dipicu oleh kondisi tertentu, beberapa diantaranya bahkan menjadi kebiasaan sehari-hari.

Kolesterol adalah lemak yang secara alami diproduksi oleh organ hati. Di luar itu, kolesterol juga bisa didapat dari sejumlah makanan.

Dalam kadar normal, kolesterol dibutuhkan tubuh untuk membantu membangun sel-sel baru agar fungsi tetap berjalan normal. Namun dalam kadar berlebih, kolesterol bisa memicu sejumlah masalah.

Jika memiliki kadar kolesterol tinggi, Anda direkomendasikan untuk mengubah gaya hidup agar lebih sehat.

Modifikasi gaya hidup ini mencakup perubahan pola makan, menambahkan lebih banyak aktivitas fisik, hingga mengontrol berat badan.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Sebagaimana telah disampaikan di atas, bukan cuma asupan makanan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol. Ada beberapa penyebab kolesterol tinggi lainnya. Berikut diantaranya, melansir Healthline.

1 .Terlalu sering minum kopi

Kafein sering dikaitkan dengan lonjakan tekanan darah yang tiba-tiba.

Studi kecil mempelajari dampak konsumsi espresso setiap hari pada orang berusia muda hingga dewasa. Studi menemukan bahwa mengonsumsi rata-rata empat espresso per hari dikaitkan dengan peningkatan kolesterol total dan kolesterol LDL atau jahat.

Efek lonjakan kolesterol ini diprediksi terjadi akibat diterpen atau minyak dalam kopi. Diterpen dapat meningkatkan kolesterol dengan menghambat sintesis asam empedu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.