Bawaslu Morotai Sosialisasi Pemahaman Kepemiluan kepada Penyandang Disabilitas

MALUTTIMES – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Pulau Morotai melaksanakan sosialisasi penguatan pemahaman kepemiluan kepada warga penyandang disabilitas. Kegiatan berlangsung di Perdana Hotel Morotai, Pulau Morotai, Maluku Utara, Jum’at (09/02/2024).

Kordiv HP2H Bawaslu Pulau Morotai, Mulkan Hi. Sudin menyampaikan, sosialisasi disabilitas ini tujuannya untuk menyelamatkan hak pilih warga negara, sekaligus memberikan penguatan terkait dengan Pemilu ke masyarakat yang mengalami keterbatasan fisik maupun mental.

“Dalam arti, kami menyampaikan kepada mereka tentang tata cara atau mekanisme agar mereka (disabilitas) bisa menyalurkan hak pilih pada saat Pemilu berlangsung,” katanya.

Baca Juga:  Laporan Dugaan Pelanggaran Pemilu Desa Tuada Diserahkan ke Bawaslu

“Disabilitas ini butuh perhatian khusus, supaya mereka bisa mengingat atau lebih memudahkan mereka untuk menyalurkan hak pilih atau hak suara,” sambung Mulkan.

Mulkan mengatakan,  jika para disabilitas tidak bisa datang langsung ke TPS pada saat pencoblosan nanti, maka petugas KPPS melayani mereka dengan mendatangi rumah yang bersangkutan.

“Sesuai dengan data konfrontir dari KPU khususnya pemilih disabilitas itu berjumlah 312 orang. Laki-laki berjumlah 180 dan perempuan berjumlah 132. Tapi, hari ini yang mengikuti kegiatan sosialisasi itu hanya berjumlah 30 orang dari 6 kecamatan,” tandasnya.(iki/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.