Jangan Diremehkan, Deteksi Dini 11 Gejala Awal Diabetes

MALUTTIMES – Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan peningkatan kadar gula darah dan dapat berujung penyakit jantung, gagal ginjal, hingga kematian. Maka dari itu, penting untuk mengetahui gejala awal diabetes sebagai deteksi dini sebelum terlambat.

Penyakit diabetes tentu tak bisa diremehkan karena jumlah penderitanya terus bertambah dari hari ke hari. Pada 2021, Federasi Diabetes Internasional (IDF) mencatat ada 537 juta penderita diabetes di dunia.

Jumlah ini diramal akan meningkat menjadi 643 juta pada 2030. Selain itu, penyakit ini juga menyerang berbagai kalangan tanpa pandang bulu, mulai dari yang tua hingga anak-anak sekali pun.

Baca Juga:  Ini Bahaya Bullying buat Korban dan Pelaku

Di Indonesia, data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mencatat ada 1.645 anak di 15 kota di Tanah Air yang mengidap diabetes pada 2022. Jumlah ini meningkat 70 kali lipat dari 2010.

Berikut 11 gejala diabetes sebagai deteksi dini sebelum terlambat dirangkum dari berbagai sumber.

1. Cepat merasa haus

Jika Anda cepat merasa haus padahal tidak beraktivitas berat, bisa jadi ini merupakan gejala awal dari diabetes. Gejala ini bisa muncul karena tubuh biasanya menyerap kembali glukosa saat melewati ginjal.

Baca Juga:  Simak Risiko Hamil di Atas Usia 35 Tahun

Namun ketika diabetes, kadar gula darah akan naik dan membuat ginjal tidak dapat menyerap glukosa, sehingga membutuhkan banyak cairan baru untuk melakukannya dan kemudian cairan itu dibuang menjadi urine.

Akibatnya, tubuh akan memberi sinyal membutuhkan cairan dan terjadilah rasa haus dalam waktu cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.