Faperta Unkhair Raih Juara 3 Lomba Karya Tulis dan PESONA

MALUTTIMES – Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, Maluku Utara umumkan hasil lomba Pekan Seni dan Olahraga Nasional (PESONA) dan Karya Tulis Ilmiah (LKTI). Tim Faperta Unkhair berhasil raih juara 3.

Kegiatan ini berhasil mengumpulkan peserta dari 20 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di seluruh Indonesia. Kegiatan digelar secara daring maupun luring di Kampus II Unkhair, Kelurahan Gambesi, Kota Ternate Selatan, Sabtu (30/12/2023).

Dengan berbagai cabang perlombaan, seperti PESONA LKTI yang mencakup sub-bidang seperti, Ketahanan Pangan, Pertumbuhan Ekonomi, Urban Farming, Smart Farming, dan Kreativitas Pertanian.

Baca Juga:  Bupati Aliong Mus Buka MTQ ke-6 Kabupaten Pulau Taliabu

Salah satu sorotan utama dari LKTI adalah kemenangan tim mahasiswa Program Studi Teknologi Hasil Pertanian (THP) Faperta Unkhair. Tim ini berhasil meraih predikat juara III tingkat nasional dengan karya berjudul, “Pengolahan Limbah Ampas Tahu Sebagai Substitusi Tepung Terigu dalam Pembuatan Brownies Rendah Kalori”.

Wakil Rektor III Bidang Kerjasama, Kemahasiswaan dan Alumni Unkhair, Abdul Kadir Kamaluddin mengatakan, berbagai prestasi juga diraih oleh mahasiswa dari berbagai program studi lainnya seperti, Desain Poster Digital, Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), Debat Isu Pertanian Kontemporer, hingga cabang olahraga Petanque dan musikalisasi puisi.

Baca Juga:  Bupati Aliong Mus Pimpin Upacara HUT ke-11 Kabupaten Pulau Taliabu

Dekan Faperta, Ir. Lily Ishak menyatakan bahwa kegiatan ini rutin diadakan setiap tahun untuk mendorong dan mengembangkan potensi mahasiswa.

“Dengan prestasi yang diraih, diharapkan bisa membantu para mahasiswa dalam mendapatkan pekerjaan di masa depan,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Dekan III, Ir. Aqshan Shadikin Nurdin menambahkan bahwa, kegiatan PESONA bertujuan untuk mencari dan mengasah minat serta bakat mahasiswa, khususnya di Faperta Unkhair.

Baca Juga:  Relawan Kesal, Baliho Said Banyo Diturunkan

“Sebagai apresiasi, semua juara dalam LKTI dan PESONA 2023 mendapatkan berbagai benefit seperti uang pembinaan, piala, dan sertifikat. Dan untuk mendukung kualitas mahasiswa, akan diadakan workshop pada awal Januari 2024 dengan dosen pendamping berpengalaman,” pungkasnya.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.