Pemprov Malut Serahkan Bantuan Mesin Produksi kepada UMKM Halbar

MALUTTIMES – Pemerintah Provinsi Maluku Utara melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi menyerahkan bantuan alat produksi untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan  Menengah (UMKM) di Kabupaten Halmahera Barat.

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Provinsi Maluku Utara, Irnawati Dahman, di ruangan Kesra Halmahera Barat, Selasa (3/10/2023).

Bantuan itu berupa alat produksi pembuatan jus pala untuk 4 desa dan alat pembuatan kue untuk 2 desa.

Baca Juga:  Laporan Dugaan Pelanggaran Pemilu Desa Tuada Diserahkan ke Bawaslu

Irnawati Dahman mengatakan, mengatakan program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dapat membuka lapangan pekerjaan dan mengurangi tingkat penggangguran di daerah tersebut.

“Jadi masyarakat yang selama ini mungkin punya pekerjaan misalkan nelayan hanya berapa jam di laut, kemudian pulang dia sudah mengambil setengah menganggur. Ini yang Kita produktifkan,” katanya kepada wartawan.

Baca Juga:  Oknum Caleg DPRD Halsel Digugat ke Pengadilan, ini Penyebabnya

Menurutnya, dengan hadirnya program ini Pemprov Maluku Utara bisa berkolaborasi dengan Pemda Halmahera Barat dalam melakukan pengawalan terhadap 30 kelompok pelaku UMKM.

“Jadi kita gandeng Kabag Kesra yang didalamnya ada bagian tenaga kerja untuk mengawal program-program yang diberikan oleh pak gubernur di kabupaten Halmahera Barat,” ujarnya.

Irna berharap program tersebut bisa bisa menumbuhkan produktivitas masyarakat Halmahera Barat, meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi tingkat pengangguran.

Baca Juga:  Petugas KPPS di Morotai 'Diintimidasi' Oknum Aparat Desa

“Program ini tepat sasaran kepada masyarakat dan dimanfaatkan secara optimal untuk kesejahteraan masyarakat Halbar,” pungkasnya.(rul/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.