Perangkat Adat Kesultanan Jailolo Perkenalkan Zuriat Asli Sultan Jailolo

MALUTTIMES – Ada yang berbeda pasca shalat Idul Adha di masjid Sultan Jailolo (Sigi Lamo), desa Gamlamo Kecamatan Jailolo, Kamis (29/6/2023). Lazimnya pasca shalat Idul Adha diadakan acara pemotongan hewan qurban, namun diketahui sebelumnya ada upacara ritual si nunako (pengenalan) Hi. Ilham Dano Toka sebagai zuriat asli sultan jailolo oleh perangkat adat Kesultanan Jailolo.

Amatan Maluttimes.com dalam ritual tersebut, pengenalan Hi. Ilham Dano Toka sebagai zuriat sultan jailolo lewat sumpah yang dibacakan oleh Djunaidi Dano Yasin yang bertindak sebagai Bangsa Madopolo dan disaksikan oleh Imam Bangsa, Imam Masjid Sigi Lamo, Imam Masjid Tuanane beserta Dano-Dano Gamlamo.

Hi. Ilham Dano Toka juga diketahui sebelumnya telah diangkat berdasarkan Surat Pernyataan oleh Almarhum Sultan Ternate, Mudaffar Syah, tertanggal 13 Desember 2013 yang isinya menyatakan, bahwa Ilham Dano Toka adalah Zuriat asli keturunan Jailolo dan Abdul Heryanto bukan Zuriat Asli Sultan Jailolo.

Baca Juga:  Polda Malut Minta Masyarakat Tetap Rukun meski Beda Pilihan Politik

Menariknya, surat pernyataan tersebut dikeluarkan ditanggal yang sama dengan tanggal pemecatan dan pengangkatan Ilham Dano Toka sebagai Kapita Lau Jailolo, sekaligus perpanjangan tangan Kesultanan Ternate di Jailolo.

Ilham Dano Toka usai sinunako mengatakan,  pengenalan atau yang dikenal dengan kata Sinunako zuriat asli sultan jailolo itu adalah bagian dari titik awal pelurusan sejarah Kesultanan Jailolo,  ada banyak hal yang menurut Ilham belum beres di internal Kesultanan jailolo semenjak diaktifkannya Kesultanan Jailolo oleh pihak KesultananTernate.

Baca Juga:  Bawaslu Morotai: Kasus Kades Cendana Masuk Unsur Pidana

Dari hal tersebut, ilham dano toka menyampaikan, acara sinuako tersebut juga adalah bagian awal dari semangat untuk meluruskan sejarah Kesultanan Jailolo, ilham mengaku hingga saat ini status dan kedudukan sultan jailolo belum ada dan masih di bawa kendali KesultananTernate.

“Saya ingin sampaikan bahwa status Kesultanan kita, dan kedudukan sultan kita itu belum dikembalikan oleh Kesultanan Ternate, sebagai Kapita Lau dan juga wakil sultan ternate di jailolo yang diberikan mandat oleh sultan Ternate saya tegaskan mari kita meluruskan sejarah ini,”tegasnya

Baca Juga:  Pemilu di Taliabu Berjalan Damai, Bupati Aliong Mus Apresiasi Semua Pihak

Ilham juga menegaskan, selaku Zuriat asli dari sultan jailolo, nasab dari sultan jailolo dan keturunan dari sultan jailolo akan bertanggung jawab akan bertanggung jawab, dirinya mengajak kepada perangkat adat Kesultanan Jailolo untuk memulai perjuangan dalam hal menjalankan Kesultanan Jailolo sesuai dengan zuriatnya.(mg01/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.