Tekan Angka Stunting, Dinkes Taliabu Salurkan Parcel Sehat di Desa Talo

MALUTTIMES – Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara terus melakukan upaya menekan angka gizi buruk atau stunting di wilayahnya. Salah satunya dengan pro aktif melakukan sosialisasi serta menyalurkan parcel atau paket makanan sehat kepada masyarakat terutama bayi dan balita.

Seperti dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Pulau Taliabu, menyalurkan parcel ke Desa Talo Kecamatan Taliabu Barat, Senin (20/3/2023). Sebelumnya kegiatan serupa juga sudah berlangsung di Desa Beringin Jaya, Kecanatan Taliabu Barat Laut.

Dalam kegiatan itu, pihak Dinas Kesehatan juga memberikan edukasi tata cara hidup sehat yang baik dan benar kepada setiap sasaran lokus stunting di 71 desa se-Kabupaten Taliabu.

Baca Juga:  Syamsudin Ode Maniwi Mendaftar Sebagai Bakal Calon Wakil Bupati di PKB Taliabu

Kepala Dinas Kesehatan Pulau Taliabu, Kuraisia Marsaoly menyampaikan, program percepatan penurunan stunting merupakan program Nasional Pemerintah Republik Indonesia. Olehnya itu, diharuskan keterlibatan semua pihak untuk mengontrol segala aktivitas ibu hamil, bayi dan balita demi memastikan asupan gizi yang dikonsumsinya benar-benar sehat.

“Kami bakal membuat sebuah program khusus yang didalamnya terdiri dari petugas gizi dan bidan, dimana mereka bertugas mengontrol makanan balita secara door to door agar ibu hamil maupun bayi dan balita tidak lagi mengkonsumsi makanan yang tidak bergizi,” kata Kuraisia saat memimpin langsung kegiatan tersebut.

Baca Juga:  Sejumlah Fasilitas Wisata Pulau Dodola Rusak, Perlu Dibenahi

Dia berharap kegiatan ini bisa menjadi cerminan orang tua untuk menerapkan pola hidup sehat terutama soal asupan gizi terhadap bayi dan balita.

“Dengan adanya kegiatan ini, keluarga sasaran lokus stunting yang ada di Desa Talo Kecamatan Taliabu Barat. Diharapkan memahami betapa pentingnya memperhatikan asupan protein harian untuk mencegah stunting,” harapnya.(ris/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.