STQ Tingkat Kabupaten Halmahera Barat Resmi Dihelat

MALUTTIMES – Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Provinsi Maluku Utara, secara resmi menggelar Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Ke-XXVII tingkat Kabupaten yang dipusatkan di Desa Golagokusuma Kecamatan Sahu Timur, Selasa (7/3).

Pembukaan STQ tersebut dihadiri oleh Bupati Halbar James Uang, Sekda Halbar Halbar Drs. Hi. M.Syahril Abduradjak, Kakankemenag Halbar Hasbullah Tahir, anggota DPRD Halbar, Pengurus LPTQ Halbar, unsur Forkopimda, Forkopimcam, perangkat SKPD Halbar, para Camat, tokoh agama serta tokoh masyarakat.

Ketua Panitia Drs. Hi. M. Syahril Abduradjak dalam laporannya mengatakan, STQ tingkat Kabupaten Halmahera Barat yang Ke-XXVII ini dibuka dengan 3 cabang mata lomba yaitu, Tilawatil Qur’an untuk golongan anak dan dewasa, cabang hifdzil Qur’an 1 juz sampai 30 juz dan Musabaqoh hadis golongan remaja dan dewasa.

Baca Juga:  Bupati Halmahera Barat Rombak Kabinet, Posisi Soni Balatjai Lengser

Sekda Halbar ini juga mengungkapkan, STQ yang ke-XXVII ini diikuti oleh 8 kecamatan di Kabupaten Halmahera Barat dengan jumlah peserta sebanyak 62 orang dan dihadiri oleh 6 orang Dewan Hakim.

“Diharapkan dengan pelaksanaan STQ ini dapat melahirkan Qori dan Qori’ah yang baik dalam membaca dan menghafal Al-qur’an,”ucap Syahril.

Sementara Bupati Halbar James Uang dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan STQ Ke-XXVII tingkat Kabupaten ini menjadi momentum penting dan memiliki peran yang sangat strategis, baik dalam fungsinya untuk menjabarkan, mengembangkan serta mengimplementasikan pokok-pokok ajaran keagamaan yang fundamental.

Baca Juga:  Sejumlah Perangkat Desa Gorugo Morotai Ngaku Dipecat Gegara Beda Pilihan Caleg

“STQ yang menjadi salah satu agenda tahunan ini diharapkan akan lebih pro-aktif melakukan upaya menjaga kemurnian, kesucian dan kemuliaan kitab suci Al-qur’an,”ujarnya

James menjelaskan, Pelaksanaan STQ ini disamping menyelengarakan syiar islam, juga memberikan motivasi dan semangat bagi anak anak dan remaja serta terus mencari bibit baru dalam mengikuti seleksi tilawatil Qur’an yang menjadi agenda daerah disetiap tahun.

“Para peserta saya mengucapkan selamat berlomba untuk mengikuti STQ ini dengan penuh keikhlasan sehingga dapat meraih prestasi yang baik,”pintanya

Orang nomor satu dilingkup Pemda Halbar ini menitip pesan kepada dewan hakim untuk melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya sehingga bisa melahirkan keputusan yang tepat dan adil guna pembinaan generasi dimasa yang akan datang.

Baca Juga:  Selangkah Lagi, Bandar Udara Taliabu Akan Dibangun

James mengimbau kepada masyarakat untuk tetap jaga stabilitas keamanan, ciptakan kondisi yang aman, nyaman dan damai dalam lingkungan serta tingkatkan ikatan silaturahmi antar masyarakat dengan berpartisipasi dalam menjaga lingkungan masing-masing.

“Atas nama pemerintah daerah, saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengurus LPTQ Halbar dan panitia penyelengara serta masyarakat di desa setempat , yang telah bekerja keras untuk ikut mensukseskan pelaksanaan STQ Ke XXVII tahun 2023,”tandasnya.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.