Tindaklanjut Arahan Presiden, Begini Instruksi Bupati Kepsul

MALUTTIMES – Bupati Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Fifian Ade Ningsih Mus menginstruksikan kepada seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemkab Sula untuk terus menekan angka kemiskinan serta fokus pada penurunan stunting.

Instruksi ini merupakan tindaklanjut dari arahan presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam rapat Koordinasi Nasional Kepala Daerah, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) se-di Indonesia pada selasa 17 Januari 2023 pekan lalu.

“Ada 8 poin arahan Presiden, yang pertama kendalikan inflasi, pantau langsung harga harga di lapangan, hati-hati mengatur tarif (PDAM angkutan umum),”kata Bupati Kepsul melalui Kabag Humas dan Protokoler Setda Kepsul, Maulana Usia kepada wartawan, Selasa (24/1)

Baca Juga:  Pemda Halbar Siapkan DAK 17 Miliar Perbaikan Jalan Rusak

Menurut Maulana, arahan presiden pada poin kedua yaitu turunkan angka kemiskinan hingga mencapai target 0 persen pada 2024 nanti, dan arahan yang ketiga menurut Maulana, uapaya penurunan angka stunting dan yang keempat terkait izin Investasi tidak boleh berbulan bulan.

“Untuk arahan yang kelima yaitu terkait dengan APBD yang mau dibelanjakan, pak Presiden mengintruksikan, jika belanja menggunakan APBD, harus fokus pada produk-produk buatan dalam negeri,”ungkap Maulana

Baca Juga:  Pengurus AJI Indonesia Diteror Aksi Ledakan Bom di Papua

Selain arahan presiden pada poin lima, Maulan juga menambahkan, di poin ke enam, Presiden Jokowi juga mengintruksikan ke masing-masing Kabupaten/Kota untuk segera mendesain daerahnya dengan baik, sehingga memiliki diferensiasi serta memaksimalkan potensi daerah.

“Untuk arahan yang ketujuh, seluruh Bupati dan Walikota diintruksikan untuk menjaga stabilitas politik dan keamanan menuju pemilu 2024, dan poin kedelapan, jaminan kebebasan beragama, jangan sampai konstitusi kalah oleh kesepakatan,”pungkasnya

Maulana mengatakan, dari beberapa poin instruksi presiden tersebut, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula saat ini tengah melakukan rapat koordinasi bersama seluruh OPD lingkup Pemkab Sula untuk segera menindaklanjutinya.

Baca Juga:  Maluku Utara Masuk Urutan Pertama Angka Kematian Bayi Terendah se-Indonesia Timur

“Terkait dengan penurunan angka stunting, kemarin Pak Wakil Bupati sudah memanggil 12 Camat untuk menginstruksikan kepada seluruh kepala desa agar segera melaksanakan rembuk stunting,”ujar Maulana.

Terkait dengan angka kemiskinan, menurut Maulana, Pemkab Sula akan selalu berupaya untuk menekan hingga mencapai target 0 persen sesuai instruksi Presiden Republik Indonesia.(tem)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.